Blog

bayi minum susu formula

Apakah Anda Sudah Tahu Ciri – Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula?

Para orang tua harus perhatikan apakah si buah hati dapat minum susu formula atau tidak. Susu formula memang memiliki kandungan nutrisi tinggi, tapi tidak semua bayi dapat meminumnya. Jika dipaksakan, banyak masalah kesehatan akan terjadi pada si bayi. Mari kenali ciri – ciri bayi tidak cocok susu formula berikut ini!

Si Bayi Mengalami Muntah dan Mual

Tanda awal yang umumnya terjadi akibat penolakan susu formula pada bayi adalah mual dan muntah. Si bayi akan mengeluarkan susu formula yang telah masuk perut. Jika sudah keluar, si bayi akan menunjukan perilaku ingin muntah tanpa ada apapun yang bisa dikeluarkan. Kondisi mual tersebut dapat berlangsung lama tergantung dari kondisi parahnya alergi si bayi.

Mengalami Masalah Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan yang terjadi pada bayi dapat berupa diare, kolik, konstipasi dan bahkan BAB berdarah. Orang tua harus benar – benar hati – hati jika kejadian ini tidak kunjung berhenti karena dapat membahayakan si nyawa si bayi.

Terjadi Gangguan Pernapasan

Penolakan susu formula juga dapat ditunjukan dengan gangguan pernafasan. Hal ini dapat berupa nafas pendek cepat pada bayi, nafas berbunyi nyaring dan bahkan batuk – batuk. Gangguan pernapasan dapat terjadi karena pembekakan di area tenggorokan. Susu formula yang menimbulkan alergi dapat menyebabkan pembengkakan organ ini.

Muncul Ruam Merah Pada Kulit

Ciri – ciri bayi tidak cocok susu formula berikutnya adalah masalah munculnya ruam pada kulit. Ruam dengan warna gelap dapat muncul di sekitar mulut, mata dan da pipi bayi. Area kulit lain juga dapat menunjukan tanda ruam yang lebih membiru daripada gelap kehitaman.

Muncul Eksim Di Beberapa Bagian Tubuh yang Tidak Kunjung Hilang

Pada kulit si bayi, dapat muncul eksim seperti kerutan kulit yang memerah. Hal ini dapat menimbulkan rasa perih, tidak nyaman dan bahkan menjadi luka jika dibiarkan. Umumnya, eksim dapat muncul karena bakteri pada kulit bayi, tapi masalah ini dapat hilang sendiri.

Saat eksim tidak kunjung hilang, ini adalah tanda bahwa ada penyebab lain dari munculnya eksim pada kulit. Biasanya karena efek alergi ringan. Jadi bisa saja eksim yang tidak kunjung hilang pada bayi disebabkan karena tidak cocok susu formula.

Terjadi Shock Alergi

Jika memiliki alergi serius terhadap susu formula, si bayi dapat terkena shock. Hal ini dapat ditunjukan dengan kejang – kejang, nafas tidak teratur dan suhu badan yang naik. Masalah ini dapat mengakibatkan kematian jika tidak langsung ditangani.

Selama mengenali tanda – tanda di atas, orang tua dapat menukar susu formula dengan alternatif lain. Jika tidak belajar soal ciri – ciri bayi tidak cocok susu formula, si bayi pasti tersiksa dan bahkan dapat menjadi sakit parah. Jadi, pastikan si buah hati tetap sehat tumbuh besar dengan belajar lebih seputar pengetahuan ini!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout