Cara Untuk Mengetahui Denyut Nadi Normal

denyut nadi normal

Cara Untuk Mengetahui Denyut Nadi Normal

Tahukah anda bahwa melalui denyut nadi, anda dapat mengetahui detak jantung, kekuatan jantung serta irama jantung. Sehingga, dengan anda mengetahui denyut nadi normal, dapat memberitahu anda apakah organ jantung anda tersebut bekerja dengan baik. 

Namun, jika denyut nadi anda terlalu cepat maupun lambat, bisa jadi itu mengindikasikan sejumlah kondisi tertentu. Bagaimana cara agar bisa mengetahui denyut nadi yang normal? Inilah penjelasannya.

Jumlah Denyut Nadi Normal Manusia Per Menitnya

Adapun denyut nadi tiap orang itu bervariasi, tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi. Namun, secara umum berapa denyut nadi normal manusia per menitnya? Ini dia jawabannya, dilansir dari Halodoc.

  • Usia bayi hingga 1 tahun : 100-160 kali per menit
  • Usia 1 hingga 10 tahun : 70-120 kali per menit
  • Usia 11 hingga 17 tahun : 60-100 kali per menit
  • Usia orang dewasa : 60-100 kali per menit

Mengapa denyut nadi normal bayi dan juga anak-anak cenderung lebih tinggi ketimbang orang dewasa? Karena kebutuhan suplai darah bayi dan anak itu lebih banyak, sehingga membuat jantung bekerja lebih keras lagi dan detaknya lebih cepat untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Akan tetapi, denyut jantung bisa berubah-ubah tergantung aktivitas fisik serta kondisi kesehatan.

Selain aktivitas fisik, beberapa hal yang bisa mempengaruhi jumlah denyut nadi per menitnya manusia adalah tingkat kebugaran, suhu udara, posisi tubuh, emosi, ukuran tubuh dan obat-obatan. Denyut nadi normalnya orang dewasa usia 20-35 tahun ketika mereka berolahraga adalah sekitar 95-170 kali per menitnya. Pada usia 35-50 yaitu sekitar antara 85-155 kali per menitnya. Sedangkan usia lebih dari 60, denyut jantungnya antara 80-130 kali per menitnya.

Cara Menghitung Denyut Nadi Normal di Pergelangan Tangan

Untuk mengukur denyut nadi lewat pergelangan tangan, anda bisa melakukan cara berikut. Pertama, tempatkan jari telunjuk/tengah di pergelangan tangan yang dilewati oleh pembuluh darah arteri, lalu tekanlah dengan kuat arteri tersebut hingga anda merasakan denyut nadinya. Hitunglah denyut nadi selama 60 detik (atau 15 detik lalu kalikan dengan 4, nanti anda akan mendapat hasil denyut nadi per menitnya).

Usahakan untuk tetap fokus menghitung denyut nadinya dan jangan sampai terlewat. Apabila belum merasa yakin dengan hasilnya, anda dapat mengulangi pengukuran denyut nadinya.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjaga denyut nadi tetap normal, yakni dengan cara rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal dan mengendalikan stres. Stres atau cemas berlebihan juga bisa membuat denyut jantung anda lebih cepat. Untuk mengendalikan stres supaya denyut nadi senantiasa terjaga, anda bisa melakukan latihan pernapasan atau meditasi.

Itulah cara mengetahui denyut nadi normal manusia per menitnya. Apabila anda khawatir karena denyut nadi yang tidak normal, lebih baik kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan. Sehingga penanganan yang tepat dapat segera dilakukan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout