Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Vaksin ke-2 Pedulilindungi

sertifikat online pedulilindungi

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Vaksin ke-2 Pedulilindungi

Untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 di Indonesia, pemerintah telah menerapkan sertifikat online sebagai syarat untuk menggunakan berbagai fasilitas publik. Bagi Anda yang telah divaksinasi, Anda perlu mengetahui cara mendapatkan sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi. Cara mendapatkan sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi hampir sama dengan cara cek dan download sertifikat pertama.

Memiliki sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi sangat penting di saat pandemi karena akan memudahkan Anda untuk masuk ke tempat-tempat umum, seperti mal, gedung perkantoran, restoran, kafe, dan lainnya. Anda ingin tahu cara cek dan download sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi? Berikut penjelasannya.

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Ke-2 Pedulilindungi

Menurut laporan dari beberapa orang yang telah divaksin, mereka tidak mendapatkan pemberitahuan untuk sertifikat kedua. Namun, sebenarnya, Anda bisa cek dan download sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi secara mudah di situs web dan aplikasi Pedulilindungi. Berikut caranya.

  1. Situs Web
  • Buka situs web Pedulilindungi di https://pedulilindungi.id melalui browser di laptop atau ponsel.
  • Jika Anda sudah registrasi saat cek sertifikat vaksin pertama, maka tidak perlu registrasi kembali. Anda cukup login saja, lalu klik tombol ‘Login/Registrasi’ di sebelah kanan atas.
  • Masukkan nomor ponsel Anda, lalu klik ‘Masuk’. Anda akan menerima kode OTP untuk verifikasi, setelah itu masukkan kode OTP tersebut dan klik tombol ‘Verifikasi’/.
  • Kemudian, klik nama akun di sebelah kanan atas dan pilih ‘Sertifikat Vaksin’. Anda akan melihat tampilan dua sertifikat vaksin. Jika ingin download sertifikat vaksin ke-2 Pedulilindungi, klik sertifikat tersebut dan klik tombol ‘Unduh Sertifikat’.
  1. Aplikasi 
  • Unduh aplikasi Pedulilindungi secara gratis di Google Play Store dan App Store. 
  • Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Login jika Anda telah memiliki akun. Jika Anda belum memiliki akun, registrasi diri Anda dengan memasukkan semua data yang diminta.
  • Kemudian, masukkan nomor ponsel yang terdaftar saat vaksinasi dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Setelah itu, masuk ke menu utama Pedulilindungi. Klik ‘Akun’ di sebelah kanan atas.
  • Kemudian, klik ‘Sertifikat Vaksin’ dan klik nama Anda.
  • Setelah itu, Anda akan melihat tampilan dua sertifikat vaksin. Jika ingin mengunduhnya, klik sertifikat tersebut dan klik tombol ‘Unduh Sertifikat’.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Ke-2 Pedulilindungi Tidak Muncul

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, namun sertifikat vaksin tidak muncul, kemungkinan disebabkan oleh kesalahan input data. Untuk mengatasinya, Anda bisa melaporkan masalah tersebut atau mengoreksi data yang salah input dengan menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 ext 9. Selain itu, Anda juga bisa mengirim e-mail ke sertifikat@pedulilindungi.id. Pastikan data diri yang dikirim ke-email sudah lengkap dan benar, serta tambahkan penjelasan mengenai keluhan yang Anda hadapi.

Berikut data-data yang perlu dikirimkan ke e-mail jika ada kesalahan input data:

  1. Nama Lengkap
  2. NIK/KTP
  3. Tempat dan Tanggal Lahir
  4. Nomor Ponsel
  5. Isi Keluhan
  6. Foto selfie dengan KTP, serta kartu vaksinasi untuk diproses lebih lanjut.

Itulah cara cek sertifikat vaksin ke-2 di Pedulilindungi secara mudah. Pastikan Anda memilikinya untuk memudahkan aktivitas Anda sehari-hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout