Cara Merawat Kucing yang Tepat agar Terhindar dari Penyakit

cara merawat kucing

Cara Merawat Kucing yang Tepat agar Terhindar dari Penyakit

Hewan peliharaan menghadirkan suasana yang menyenangkan di rumah. Selain itu, memelihara hewan peliharaan, misalnya kucing, dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, bahkan memperpanjang usia pemiliknya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat kucing yang tepat.

Kucing adalah hewan peliharaan yang sering dipilih di Indonesia. Namun, kucing membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Simak informasi selengkapnya mengenai cara merawat kucing yang tepat di artikel ini.

Ketahui Cara Merawat Kucing yang Tepat

Dikutip dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), berikut cara merawat kucing yang direkomendasikan:

1. Pemilihan makanan

Memberikan makanan dengan nutrisi yang tepat pada kucing penting untuk mencegah penyakit yang umum menyerang kucing. Makanan basah kalengan lebih direkomendasikan dibandingkan makanan kering, karena kandungan airnya yang tinggi untuk mencukupi cairan kucing. Meski demikian, makanan basah rentan terkontaminasi jamur dan bakteri jika tidak disimpan dengan tepat. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan makanan kering sebagai makanan utama dan makanan basah sebagai makanan pelengkap. Anda juga bisa mengolah makanan basah untuk kucing di rumah dengan resep yang bisa diakses di Internet.

Bila kucing dipelihara di dalam rumah, usahakan kucing peliharaan Anda tidak memakan hewan liar seperti tikus agar mencegah penyebaran penyakit.

2. Membersihkan telinga kucing

Cara merawat kucing yang tepat berikutnya adalah membersihkan telinganya. Struktur saluran telinga kucing bisa memicu kotoran telinga masuk ke dalam dan sulit dikeluarkan. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan telinga kucing secara rutin agar kotoran tidak menumpuk dan menyebabkan infeksi telinga. Untuk membersihkan telinga kucing, Anda membutuhkan cairan pembersih telinga yang bersifat antijamur dan antibakteri dan bola kapas atau kain kasa. Hindari menggunakan cairan pembersih telinga yang mengandung alkohol atau hidrogen peroksida yang berisiko iritasi. Selain itu, hindari menggunakan cotton bud, karena berisiko melukai gendang telinga dan mendorong kotoran masuk ke dalam saluran telinga.

3. Memandikan kucing

Meski kucing bisa membersihkan tubuh sendirinya secara alami, namun beberapa ras kucing membutuhkan perawatan tersendiri. Selain menggunakan jasa grooming hewan, Anda bisa memandikan kucing sendiri di rumah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memandikan kucing kesayangan Anda:

  1. Saat dimandikan, pastikan kucing sehat dan tenang.
  2. Pilih air hangat untuk memandikan kucing. Air dengan suhu normal bisa membuat kucing kedinginan.
  3. Mandikan kucing dengan perlahan agar tidak kaget. Jangan siram ke area mata, telinga, dan wajah kucing secara langsung.
  4. Gunakan sampo sesuai dengan kondisi kulit atau bulu kucing.
  5. Sebelum dibilas, sikat bulu kucing.
  6. Keringkan kucing dengan handuk secara perlahan.
  7. Pastikan bulu kucing benar-benar kering untuk menghindari risiko jamur di bulu kucing.

4. Menyikat bulu kucing

Menyikat bulu kucing secara teratur adalah cara merawat kucing yang tepat lainnya. Cara ini bertujuan untuk mengurangi bulu rontok dan memastikan bulu kucing tetap bersih. Selain itu, menyikat bulu kucing bermanfaat untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan serpihan kulit mati, serta meningkatkan sirkulasi darah, sehingga efektif mempercepat regenerasi kulit kucing secara keseluruhan. Anda dianjurkan untuk menyikat bulu kucing setidaknya 1 hingga 2 kali setiap minggu agar kucing tetap sehat dan cantik.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout