Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat Tanpa Obat: Cuka Apel Hingga Kencur

cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat

Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat Tanpa Obat: Cuka Apel Hingga Kencur

Pergantian cuaca bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga lebih rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami akibat pergantian cuaca adalah batuk. Meski tidak berbahaya, namun batuk memicu ketidaknyamanan, terutama ketika makan atau minum. Jika tidak ada obat batuk di rumah, ada beberapa cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat yang bisa diterapkan.

Jika tidak ditangani secepatnya, batuk bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Salah satu pilihan obat untuk menyembuhkan batuk adalah bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Apa saja bahan-bahan alami yang efektif mengobati batuk? Simak informasi selengkapnya mengenai cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat.

Beragam Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat Tanpa Obat

Mulai dari cuka apel hingga kencur, berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk dengan cepat:

1. Cuka apel

Sifat antibakteri dalam cuka apel ampuh digunakan untuk menyembuhkan batuk atau flu secara alami. Sifat tersebut efektif mengencerkan lendir dan membunuh bakteri yang menghambat saluran pernapasan. Berikut cara membuatnya:

  • Campurkan cuka apel secukupnya dan satu gelas air hangat.
  • Berkumurlah dengan campuran tersebut.
  • Lakukan berulang setidaknya 1-2 kali setiap satu jam.

2. Jeruk nipis dan kecap

Cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat lainnya adalah jeruk nipis dan kecap. Kandungan vitamin C di jeruk nipis efektif mengobati batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan minyak atsiri di jeruk nipis efektif meringankan batuk dan melegakan tenggorokan. Berikut cara membuatnya:

  • Campurkan perasan jeruk nipis dan kecap.
  • Minum 2-3 kali per hari hingga batuk berkurang.

3. Air putih hangat

Minum air putih hangat adalah cara mengobati batuk yang cepat dan efektif. Selain menghambat pertumbuhan virus dan bakteri, minum air hangat dapat melegakan dan merilekskan pernapasan. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih hangat ketika batuk.

4. Jahe hangat dan madu

Jahe hangat dan madu juga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat termasuk batuk berdahak. Selain menghangatkan tubuh, kandungan antioksidan dalam rebusan jahe efektif membunuh bakteri dan virus di saluran tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan senyawa gingerol di dalamnya. Berikut caranya:

  • Masak jahe yang telah diiris-iris dan air secukupnya hingga mendidih.
  • Saring dan tambahkan madu secukupnya agar rasanya lebih nikmat.
  • Konsumsi air rebusan tersebut selagi hangat hingga batuk berkurang.

5. Kencur

Pilihan bahan alami untuk mengobati batuk lainnya adalah kencur. Dengan kandungan minyak atsiri, kencur efektif melegakan pernapasan dan melenturkan otot di saluran pernapasan. Kencur juga memberikan efek hangat seperti jahe, sehingga badan lebih hangat dan tenggorokan lebih nyaman. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:

  • Bersihkan kencur, lalu kupas.
  • Parut dan peras sari airnya.
  • Tambahkan air dan garam, aduk hingga merata.
  • Konsumsi minuman tersebut secara rutin sebelum tidur hingga batuk berkurang.

Jika cara-cara menyembuhkan batuk dengan cepat tanpa obat di atas tidak efektif menghilangkan batuk, bahkan semakin parah, sebaiknya berdiskusi ke dokter untuk diperiksa penyebabnya, sehingga ditangani sesuai kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout