Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal Secara Alami

cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal Secara Alami

Batuk berdahak dan tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh beragam faktor, misalnya perubahan cuaca, reaksi alergi, atau gejala penyakit tertentu. Untuk mengurangi gejalanya, ada beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Batuk berdahak dan tenggorokan gatal sebenarnya tidak memerlukan penanganan medis dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam satu minggu. Namun, kondisi ini sebaiknya tidak dianggap enteng, karena bisa menjadi gejala penyakit tertentu, misalnya asma, tonsilitis, dan infeksi virus atau bakteri. Untuk mengatasinya, berikut beragam cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal secara alami yang perlu Anda ketahui.

Beragam Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal

Sebelum menggunakan obat-obatan medis, ada beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal secara alami yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah salah satu penyebab batuk berdahak. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih setidaknya 7-8 gelas per hari sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang ampuh. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi sup hangat untuk mencukupi asupan cairan tubuh.

2. Susu dan kunyit

Kombinasi susu dan kunyit ampuh mengurangi tenggorokan gatal. Caranya, campurkan kunyit yang sudah dihaluskan ke dalam susu yang sudah direbus. Minum secara rutin, terutama sebelum tidur di malam hari.

3. Madu

Obat batuk berdahak dan tenggorokan gatal alami yang bisa Anda coba lainnya adalah madu. Caranya, konsumsi madu secara langsung hingga gatal dan iritasi di tenggorokan berkurang. Selain itu, Anda bisa mencampurkan madu, lemon, dan jahe, ke dalam teh hangat.

4. Berkumur air garam

Air garam adalah cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang efektif. Cara ini dapat mengurangi dahak berlebih yang menyebabkan tenggorokan gatal.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Obat

Obat-obatan sesuai resep dokter atau yang dijual bebas bisa menjadi pilihan jika cara-cara di atas belum berhasil. Berikut beberapa jenis obat yang bisa Anda gunakan:

  • Dekongestan

Obat ini digunakan untuk meringankan hidung tersumbat, mengurangi tenggorokan gatal, dan membantu Anda bernapas dengan normal. 

  • Antihistamin dan analgesik

Obat ini digunakan untuk mengurangi tenggorokan gatal dan umumnya dijual secara bebas di apotek. Namun, pastikan Anda mengikuti aturan pemakaiannya. Paracetamol juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri akibat tenggorokan gatal.

  • Obat kumur

Pilih obat kumur dengan kandungan mentol untuk mengurangi gatal dan iritasi di tenggorokan. Berkumurlah 3-4 kali per hari hingga tenggorokan gatal berkurang.

Cara Mencegah Tenggorokan Gatal

Ada beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah tenggorokan gatal, yaitu:

  • Tidak merokok dan tidak minum alkohol.
  • Makan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara.
  • Menjauhi pemicu alergi, misalnya debu, polusi udara, atau bulu hewan.

Jika batuk berdahak dan tenggorokan gatal tidak sembuh setelah beberapa hari atau disertai keluhan lain, misalnya demam tinggi, sesak napas, batuk berdarah, atau nyeri sendi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter agar diperiksa penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout