Blog

6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh pada Anak di Masa Pandemi

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak – Sebagian orang tidak menyadari bahwa virus Covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Meskipun anak kita terlihat baik-baik saja, tetapi meningkatkan imunitas tubuh juga sangat penting. Dengan begitu, berbagai macam penyakit tidak akan mudah menyerang anak-anak.

Pada era new normal seperti sekarang ini, sebagian masyarakat sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Biar bagaimanapun juga Covid-19 bisa menjangkiti berbagai lapisan masyarakat dan itu termasuk anak-anak.

Lihat juga: Suplemen Imun Anak

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak

Perlu kamu pahami bahwa sistem kekebalan tubuh pada anak-anak masih belum sempurna. Seiring dengan berjalannya waktu, seharusnya sistem imun mereka akan terbentuk secara sempurna. Nah, untuk bisa meningkatkan sistem imun pada anak, berikut ulasannya.

1. Selalu penuhi kebutuhan nutrisinya

Untuk bayi yang baru lahir, maka nutrisi yang paling tepat adalah memberikan ASI. Di dalam ASI terdapat banyak nutrisi seperti antibodi dan juga imunoglobulin A atau IgA. Nutrisi tersebut sangat berperan untuk melindungi tubuh agar tidak mudah terpapar bakteri maupun virus.

Saat anak sudah berusia sekitar 6 bulan, ASI sudah tidak bisa mencukupi nutrisinya. Kamu harus mulai memberikan MPASI yang tentunya bergizi tinggi dan seimbang. Beberapa nutrisi yang harus diutamakan adalah karbohidrat, protein, lemak, sayur dan juga buah-buahan.

2. Berikan istirahat yang cukup

Anak-anak harus diberikan istirahat yang cukup. Ketika anak-anak tidur, maka sel-sel tubuh yang rusak akan kembali regenerasi. Sebaliknya, saat anak-anak kurang tidur, maka tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membentuk sel baru.

Untuk bayi, perlu tidur sekitar 18 jam. Lalu, saat masuk ke usia balita maka membutuhkan waktu tidur sekitar 12 hingga 13 jam. Ketika anak sudah memasuki usia lima tahun ke atas, diperlukan waktu tidur sekitar 10 jam dalam sehari.

3. Selalu ajarkan perilaku hidup bersih dan juga sehat

Seharusnya, anak-anak selalu dibiasakan hidup bersih dan sehat. Hal ini tentunya akan menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti. Salah satu perilaku hidup bersih itu adalah selalu cuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Kebiasaan cuci tangan harus dilakukan setelah menyentuh barang dan juga sebelum makan. Jika tidak ada air maupun sabun, maka bisa diganti dengan hand sanitizer yang memiliki alkohol sebanyak 60 persen.

4. Ajak anak berolahraga

Sebagian orang pastinya sudah paham jika olahraga adalah salah satu cara untuk meningkatan sistem imun tubuh. Nah, ajaklah anak-anak untuk ikut berolahraga. Di masa pandemi seperti ini, lakukanlah olahraga selama 150 hingga 300 menit dalam waktu seminggu. Kegiatan olahraga pun bisa diselingi dengan bermain-main seperti bersepeda atau bermain bola.

5. Cukup rutin makan sayur dan buah-buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya sangat pas untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rata-rata, anak selalu susah jika diberikan sayuran maupun buah-buahan. Maka dari itu, kamu harus melakukan kreasi agar anak bersedia mengonsumsinya.

6. Memberikan vitamin tambahan

Cara yang terakhir adalah memberikan vitamin tambahan seperti suplemen. Saat ini, sudah banyak berbagai vitamin dalam bentuk suplemen untuk anak-anak. Agar lebih meyakinkan, sebaiknya kamu konsultasi dulu dengan dokter agar pemakaian suplemen bisa lebih maksimal.

Demikianlah cara meningkatkan imun tubuh pada anak. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout