Cara Mengonsumsi Teh Hijau yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

bagaimana cara mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan dengan tepat? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengonsumsi Teh Hijau yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau sejak lama digunakan sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk mengurangi kecemasan, relaksasi, dan mencegah risiko beragam penyakit, misalnya osteoporosis, diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Selain itu, banyak orang yang mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau diidentikkan dengan penurunan berat badan dan tubuh langsing. Bahkan, banyak produk teh hijau yang dijual bebas dilengkapi dengan klaim efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, benarkah teh hijau efektif untuk diet, dan bagaimana cara mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan dengan tepat? Berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, teh hijau adalah jenis teh yang tidak difermentasi. Proses pengolahan tersebut membuat teh hijau tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mempercepat proses penurunan berat badan. Salah satu senyawa antioksidan di teh hijau adalah katekin. Senyawa ini berfungsi untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak di tubuh, terutama ketika Anda sedang beraktivitas fisik atau olahraga. Selain itu, teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon yang mempercepat proses pemecahan lemak dan mempercepat metabolisme tubuh, sehingga lemak yang sudah dipecah akan cepat terbakar dan menjadi energi. Proses ini bahkan bisa berlangsung ketika Anda sedang beristirahat.

Penelitian juga membuktikan bahwa kafein di teh hijau efektif mengendalikan nafsu makan. Nafsu makan terkontrol yang disertai dengan pola makan sehat akan mempercepat proses penurunan berat badan. Oleh karena itu, teh hijau dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap obesitas.

Cara Mengonsumsi Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau memang bisa mempercepat penurunan berat badan. Namun, minum teh hijau tidak cukup. Anda juga perlu melakukan pola hidup sehat agar program diet berjalan dengan optimal. Untuk mewujudkan berat badan ideal, berikut cara mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan yang tepat:

  • Konsumsi teh hijau di pagi hari sebelum beraktivitas fisik.
  • Konsumsi teh hijau tanpa tambahan pemanis apa pun.
  • Jangan minum teh hijau sebelum tidur atau sambil makan besar.
  • Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.
  • Konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang, misalnya sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.
  • Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit per hari.
  • Tidak ngemil berlebihan dan batasi makanan cepat saji.

Sebelum mengonsumsi teh hijau, Anda dianjurkan untuk mengecek label kemasan produk teh hijau secara teliti. Pastikan produk teh hijau yang Anda beli tidak ditambahkan bahan-bahan apa pun, terutama ekstrak tanaman yang belum bisa dipastikan keamanannya.

Jika masih ragu mengenai manfaat dan keamanan teh hijau untuk menurunkan berat badan atau kesehatan secara keseluruhan, Anda sebaiknya berdiskusi dengan dokter untuk memastikan manfaat, dosis, dan efek samping teh hijau yang sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin minum teh hijau untuk menurunkan berat badan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping dan tetap aman untuk kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout