Mampu Turunkan Gula Darah, Ini Cara Mengobati Diabetes yang Efektif

cara mengobati diabetes

Mampu Turunkan Gula Darah, Ini Cara Mengobati Diabetes yang Efektif

Meski tidak bisa disembuhkan, namun penderita diabetes tetap bisa menjalani hidup dengan normal dan melakukan aktivitas sehari-hari. Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, penderita diabetes juga perlu mengetahui cara mengobati diabetes yang tepat.

Cara mengobati diabetes juga perlu disertai dengan pola hidup sehat, pengobatan dengan pil, dan obat alami. Berikut beberapa cara yang efektif untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes:

1. Terapi insulin

Terapi insulin merupakan salah satu cara mengobati diabetes melitus tipe 1. Insulin merupakan hormon yang diproduksi di dalam pankreas. Terapi insulin dibutuhkan saat pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Dikutip dari American Diabetes Association, insulin juga bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes tipe 2. Banyaknya insulin yang diperlukan pada setiap orang juga bisa berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Terapi ini tersedia dalam beberapa alat dengan cara penggunaan, yaitu insulin suntik dan insulin pen atau pompa insulin.

2. Obat diabetes

Jika pola makan sehat dan berolahraga yang teratur belum cukup untuk mengendalikan kadar gula darah, maka diperlukan obat diabetes. Penderita diabetes tipe 2 membutuhkan obat untuk membantu mengendalikan glukosa darah. Beberapa jenis obat yang digunakan, antara lain obat dalam bentuk tablet dan melalui suntikan. Pengobatan untuk diabetes tipe 2 biasanya menggunakan golongan obat biguanid, seperti metformin. Obat jenis ini berfungsi untuk menurunkan glukosa yang diproduksi di dalam hati dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga gula lebih mudah diproses oleh sel-sel tubuh menjadi energi.

3. Pengobatan pelengkap

Cara mengobati diabetes berikutnya adalah menggunakan pengobatan alternatif. Pengobatan jenis ini berfungsi melengkapi pengobatan utama, bukan menggantikannya. Pada umumnya, pengobatan pelengkap diabetes menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun insulin, kayu manis, dan ginseng. Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu mengatasi gejala diabetes dan menurunkan kadar gula dalam darah. Namun, sebelum menggunakan obat diabetes alami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena tidak semua pengobatan alami memberikan hasil yang efektif untuk setiap orang.

4. Pola hidup sehat

Selain 3 cara di atas, pengobatan diabetes juga perlu disertai dengan pola hidup sehat yang dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Bahkan, pola hidup sehat sangat penting untuk pengobatan diabetes tipe 2. Jika masih mengalami diabetes tipe 1, biasanya Anda akan dianjurkan untuk mengubah pola hidup sebelum menggunakan pengobatan. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang dapat dilakukan penderita diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil:

  • Pola makan sehat dan teratur

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang merupakan salah satu kunci aturan makanan yang tepat untuk penderita diabetes. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar gula darah semakin tidak stabil.

  • Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu kerja hormon insulin, sehingga lebih mudah dalam menurunkan gula darah. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membantu penderita diabetes yang kelebihan berat badan untuk mencapai berat badan ideal.

  • Tes gula darah secara rutin

Penderita diabetes yang menjalani pengobatan dengan insulin, perlu memeriksa kadar gula darah lebih sering dalam sehari. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter berapa kali dan kapan pemeriksaan gula darah setiap harinya diperlukan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout