Blog

cara mengobati ambeien

Cara Mengobati Ambeien: Pola Hidup Hingga Pengobatan Alami

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang muncul saat pembuluh darah yang berada di bagian bawah rektum dan anus mengalami pembengkakan akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut. Ada beberapa cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan.

Ambeien dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti duduk terlalu lama, mengejan terlalu kuat, sembelit, mengangkat beban berat secara terus menerus, kehamilan, serta faktor keturunan. Ada beberapa cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan sendiri, salah satunya perubahan pola hidup. Berikut beberapa di antaranya:

Konsumsi makanan berserat

Cara mengobati ambeien secara alami yang pertama adalah mengonsumsi makanan berserat tinggi. Serat berfungsi untuk membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat BAB, yang dapat menyebabkan atau memperparah ambeien. Beberapa sumber serat alami, antara lain biji-bijian, gandum utuh, buah, kacang-kacangan, serta sayuran berdaun gelap.

Perbanyak asupan cairan tubuh

Salah satu cara mengobati ambeien adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih untuk membantu tinja tetap lunak, serta mencegah sembelit. Selain itu, hindari minuman berkafein dan beralkohol, karena dapat menyebabkan ambeien bertambah parah.

Menjaga kebersihan anus

Cara mengobati ambeien lainnya adalah menjaga kebersihan anus. Anda dianjurkan untuk membersihkan kulit di sekitar anus. Caranya, gunakan handuk kecil atau kapas basah dan hindari penggunaan sabun pembersih yang mengandung pewangi untuk mencegah terjadinya iritasi.

Jangan tunda buang air besar (BAB)

Menunda buang air besar dapat menyebabkan tinja menjadi keras dan kering, sehingga membuat Anda harus mengejan terlalu kuat. Hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya ambeien. Oleh karena itu, jika Anda telah merasakan dorongan buang air besar, segeralah ke kamar mandi.

Berolahraga secara teratur

Berolahraga tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan, namun juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya sembelit. Sembelit merupakan salah satu penyebab ambeien. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Beberapa cara di atas termasuk aman untuk ibu hamil yang sedang mengatasi gejala ambeien. Untuk berolahraga, ibu hamil tetap dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk menyesuaikan jenis olahraga dan durasinya.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Selain perubahan pola hidup, Anda juga bisa melakukan cara mengatasi ambeien dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan, antara lain:

Daun ungu

Daun ungu dipercaya dapat mengobati dan mencegah ambeien. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat anti radang dan antimikroba dalam daun ungu. Selain itu, daun ungu juga dipercaya memiliki efek samping yang kecil. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas daun ungu dalam mengobati ambeien.

Citrus bioflavonoid

Bahan alami yang bisa mengobati ambeien berikutnya adalah citrus bioflavonoid. Hal ini dikarenakan citrus bioflavonoid memiliki sifat anti radang yang dapat mencegah gejala ambeien semakin parah. Penelitian bahkan menemukan penggunaan citrus bioflavonoid dapat meredakan gejala ambeien, yaitu dengan menghilangkan rasa nyeri dan gatal pada ambeien, serta menurunkan risiko perdarahan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas citrus bioflavanoid dalam mengobati ambeien.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout