Blog

cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Efektif

Seiring bertambahnya usia, kelembapan dan elastisitas kulit berkurang secara alami. Hal ini menyebabkan berkurangnya lemak di lapisan kulit dan produksi minyak alami, sehingga muncul kerutan di bawah mata. Bagaimana cara menghilangkan kerutan di bawah mata?

Munculnya kerutan dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, penanganannya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang mudah dan efektif.

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Kerutan di bawah mata sering mengganggu penampilan, bahkan tidak jarang menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Sembap: Kompres Dingin Hingga Tidur yang Cukup

1. Gunakan sunscreen

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penuaan pada kulit, termasuk kerutan di bawah mata. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan agar wajah tetap terlindungi dari efek buruk sinar ultraviolet.

2. Posisi tidur yang tepat

Selain tidur yang cukup, posisi tidur yang tepat juga bisa menghilangkan kerutan di bawah mata secara efektif. Salah satu posisi tidur yang dianjurkan adalah telentang. Usahakan Anda menghindari posisi tidur dengan tubuh miring atau tengkurap yang dapat membuat lipatan, kerutan, dan garis halus semakin terlihat di area mata.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

3. Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat juga bisa menghilangkan kerutan di bawah mata. Misalnya, menjauhi rokok dan alkohol, serta memperbanyak minum air putih. Hal ini dikarenakan asap rokok adalah karsinogen yang bisa merusak setiap sel dalam tubuh, termasuk sel kulit. Asap juga bisa menghambat kemampuan untuk membawa darah segar, beroksigen, dan kaya nutrisi ke sel kulit, sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam dan pucat. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan peradangan dan dehidrasi. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Menggunakan bahan alami

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata lainnya adalah menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Salah satunya masker putih telur yang kaya akan kolagen untuk melenturkan kulit. Caranya, campurkan putih telur dengan satu sendok teh air lemon dan tiga sendok teh madu. Lalu, oleskan ke wajah secara rata dan diamkan hingga menyerap selama 15 menit. Jangan lupa bilas hingga bersih setelahnya.

5. Eksfoliasi

Eksfoliasi juga bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Anda bisa mengelupas kulit kering yang terbentuk di bawah mata dengan lembut untuk mendorong pertumbuhan sel baru. Namun, pastikan Anda hanya menggunakan produk yang khusus dibuat untuk mengelupas kulit dan memijat ke area di bawah mata, karena kulit mata termasuk bagian sensitif.

6. Pijat area kulit di bawah mata

Ahli kulit Lily Talakoub, MD, FAAD, dari McLean Dermatology Center, dan ahli kecantikan Renee Rouleau dari Rhea Souhleris Group, menemukan bahwa pijat area kulit di bawah mata dapat membantu merangsang aliran darah. Ketika aliran darah di area wajah lancar, hal ini dapat membantu menghilangkan kerutan di bawah mata. Pijat akupresur yang lembut juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi dan drainase limfatik untuk mengosongkan, mengendurkan, dan mengencangkan area kulit di bawah mata.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout