Blog

cara menggunakan test pack

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar agar Hasil Lebih Akurat

Test pack digunakan untuk mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam air seni. Meski terlihat sederhana, namun penggunaan yang tidak tepat bisa membuat hasil tidak akurat. Bagaimana cara menggunakan test pack yang benar?

Penggunaan test pack yang benar akan menentukan keakuratan sebesar 99%. Namun, bisa juga hasil test pack tidak akurat. Bagaimana cara menggunakan test pack yang benar agar hasilnya akurat? Berikut penjelasannya

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Berikut beberapa cara menggunakan test pack yang benar agar hasilnya lebih akurat:

1. Pastikan kondisi test pack masih baik

Test pack bisa dibeli secara bebas di apotek atau supermarket. Pastikan tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu, karena jika test pack kedaluwarsa akan mengurangi tingkat keakuratannya. Pilih test pack yang kondisinya masih baik dan memiliki sensitivitas tinggi. Semakin sensitif test pack, maka semakin mampu alat tersebut untuk mendeteksi kadar hormon hCG yang masih rendah di awal kehamilan.

2. Gunakan test pack di waktu yang tepat

Jika Anda menggunakan test pack beberapa hari sejak berhubungan intim, maka hasilnya bisa negatif, karena hormon hCG belum dihasilkan atau masih sangat rendah. Anda bisa memeriksa kehamilan dengan test pack di hari pertama Anda terlambat haid atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim. Jika Anda memang hamil, diperkirakan pada waktu itu Anda sudah mencapai usia kehamilan 6 minggu.

Selain itu, penggunaan test pack tidak disarankan untuk dilakukan pada siang hari. Hal ini dikarenakan saat siang hari, Anda sudah banyak minum dan membuat urine menjadi lebih encer, sehingga hormon hCG sulit untuk terdeteksi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan alat test pack saat pagi hari setelah bangun tidur. Kondisi urine pada pagi hari masih pekat, sehingga hasil yang didapat juga bisa lebih akurat.

3. Gunakan test pack sesuai dengan cara yang direkomendasikan

Cara menggunakan test pack yang benar lainnya adalah membaca dengan teliti petunjuk penggunaan test pack yang tertera di kemasan produk. Hal ini dikarenakan setiap jenis test pack mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda-beda. Ada tiga jenis test pack yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan, antara lain:

  • Test pack strip, yaitu alat deteksi kehamilan berupa strip plastik. Untuk menggunakannya, celup strip ke dalam wadah berisi urine selama 5-10 detik. 
  • Pregnancy cassette test, yaitu alat tes kehamilan berupa stick yang digunakan dengan cara meneteskan urine pada alat tersebut. Pertama, tampung urine dalam wadah yang bersih, kemudian sedot urine dengan menggunakan pipet yang telah disediakan pada kemasan. Setelah itu, teteskan urine di atas penampungan urine pada stick.
  • Test pack digital, alat ini memiliki bentuk berupa stick dengan ujungnya yang bisa dipasang strip untuk menyerap urine. Cara menggunakannya sama seperti test pack strip. Kelebihannya, penggunaan test pack ini bisa berulang dengan cara mengganti strip di dalamnya.

Jika Anda mengalami gejala awal kehamilan, namun hasil test pack menunjukkan negatif, lakukan tes ulang 3-5 hari setelahnya. Anda juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan, merokok, dan konsumsi minuman beralkohol, hingga mendapatkan kepastian Anda hamil atau tidak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout