Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

ditinjau oleh dr. Shabrina Wakid

Sesak nafas adalah gangguan di saluran pernafasan yang tidak boleh dianggap remeh. Hal ini dikarenakan gangguan pada jaringan pernafasan beresiko pada kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi sesak nafas dengan efektif untuk mencegah komplikasi yang dapat terjadi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi sesak nafas, Anda sebaiknya mengenali penyebab dan gejala sesak nafas agar bisa dideteksi sejak dini dan ditangani dengan tepat. Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi sesak nafas tanpa obat berikut.

Penyebab Sesak Nafas

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan sesak nafas. Berikut di antaranya:

1. Alergi

Sesak nafas adalah salah satu keluhan yang dialami orang yang memiliki alergi tertentu. Sesak nafas pada pengidap alergi bahkan dapat berisiko syok yang mengancam jiwa. Selain sesak napas, syok saat alergi juga disertai dengan beberapa gejala lain, misalnya penurunan tekanan darah, keringat dingin, dan kehilangan kesadaran. Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk diperiksa dan ditangani secepatnya.

2. Penyakit asma

Penyebab sesak nafas lainnya adalah penyakit asma. Tingkat keparahan sesak nafas yang dialami pengidap asma bisa bervariasi. Ada yang ringan hingga berat. Sesak nafas pada pengidap asma dipicu oleh bermacam faktor, misalnya paparan terhadap debu, perubahan suhu, polusi udara, ataupun gangguan saluran pernafasan.

3. Infeksi pada saluran pernafasan

Infeksi saluran pernafasan juga bisa menyebabkan sesak napas. Gangguan pernafasan yang disebabkan oleh infeksi diantaranya adalah pneumonia, bronkitis, sinusitis, dan penyakit paru obstruksi kronis (PPOK). Selain itu, resiko sesak nafas karena infeksi meningkat pada perokok aktif, orang yang sering terpapar polusi udara, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Sesak nafas akibat infeksi juga dapat disertai dengan keluhan lain, misalnya nyeri di dada, demam, pilek, dan batuk.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Untuk mengobati sesak nafas, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Namun pertolongan awal untuk sesak nafas secara umum bisa dilakukan tanpa obat-obatan khusus. Berikut beberapa cara mengatasi sesak nafas secara alami dan efektif:

1. Bernafas menggunakan mulut dan hidung

Bernafas dengan menggunakan mulut memudahkan Anda untuk menghirup udara lebih dalam dan efektif. Selain itu, cara ini dapat melepaskan udara di paru-paru. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati melakukannya. Caranya, lemaskan otot leher, lalu bernapas dengan hidung dan tahan beberapa detik, kemudian kerucutkan bibir seperti akan bersiul. Setelah itu, hembuskan nafas secara perlahan dengan mulut. Anda dianjurkan untuk melakukan cara ini ketika naik tangga, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

2. Duduk di atas kursi

Cara mengatasi sesak napas berikutnya adalah dengan posisi duduk. Cara ini bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan meringankan pernapasan. Caranya, miringkan dada sedikit ke depan dan posisikan siku di atas lutut. Anda juga bisa menopang dagu dengan menggunakan kedua tangan. Setelah itu, bernafas melalui hidung dan hembuskan nafas secara perlahan.

3. Berbaring

Membaringkan tubuh di atas kasur dengan posisi telentang adalah salah satu cara mengatasi sesak nafas yang bisa Anda coba. Caranya, sandarkan kepala ke bantal atau selipkan bantal di bawah lutut, lalu luruskan posisi punggung dan kedua tangan lurus di samping badan. Cara ini bermanfaat untuk melebarkan saluran udara dan melegakan pernafasan. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout