Blog

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang Efektif

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang Efektif

Sakit gigi berlubang memicu ketidaknyamanan saat beraktivitas dan tidak nafsu makan. Jika diabaikan, sakit gigi berlubang bisa menjadi komplikasi berbahaya. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan beragam cara mengatasi sakit gigi berlubang yang ampuh.

Sakit gigi berlubang dipicu oleh plak yang tidak dibersihkan dan berubah menjadi asam oleh bakteri, sehingga merusak enamel yang melindungi gigi dan memicu gigi berlubang. Jika tidak ditangani secepatnya, sakit gigi berlubang berisiko komplikasi yang berbahaya. Untuk mengobatinya, berikut cara mengatasi sakit gigi berlubang yang efektif.

Ketahui Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Efektif

Gigi berlubang yang tergolong ringan umumnya tidak menimbulkan nyeri. Namun, nyeri akan muncul jika lubang gigi tidak diobati, meluas, dan mengganggu saraf. Untuk menghindari hal ini, berikut beragam cara mengobati sakit gigi berlubang yang efektif untuk diterapkan:

1. Menggunakan fluoride

Penggunaan fluoride adalah pilihan pengobatan yang tepat jika lubang gigi tergolong ringan. Fluoride bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan pada enamel. Caranya, aplikasikan fluoride berbentuk gel atau cair selama beberapa menit. Manfaat fluoride juga bisa didapatkan melalui pasta gigi dan obat kumur yang tersedia di supermarket, sehingga pengobatan sakit gigi berlubang semakin mudah. Namun, jika tidak ampuh, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan pasta gigi atau obat kumur dengan kandungan fluoride yang lebih tinggi.

2. Menambal gigi

Jika lubang gigi memicu perubahan warna dan struktur gigi, nyeri tiba-tiba, dan nyeri setelah makan dan minum yang dingin, panas, atau manis, sebaiknya hubungi dokter. Dokter akan menambal gigi berlubang dan membuang gigi yang rusak dan berlubang dengan cara dibor dan ditambal dengan menggunakan bahan-bahan, misalnya emas, porselen, perak, dan resin komposit.

3. Perawatan saluran akar gigi

Cara mengobati sakit gigi berlubang lainnya adalah perawatan saluran akar gigi. Cara ini dilakukan jika pembusukan menyebar ke pulpa atau bagian dalam gigi dengan cara membuang pulpa gigi yang sakit. Setelah itu, dokter gigi akan menambal atau memasang crown, sehingga gigi tidak perlu dicabut.

4. Mencabut gigi

Mencabut gigi adalah pilihan yang tepat jika sakit gigi berlubang tergolong sangat parah dan sulit disembuhkan, sehingga harus dibuang. Gigi yang dibuang akan meninggalkan celah yang memungkinkan pergeseran gigi lain. Selain itu, gigi yang sudah dibuang memicu Anda sulit mengunyah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memasang bridge atau rangkaian gigi palsu untuk mengganti gigi yang sudah dibuang.

Selain cara-cara mengobati sakit gigi berlubang di atas, Anda perlu menerapkan pencegahan sakit gigi berlubang, yaitu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dengan rutin menggosok gigi 2 kali per hari dan mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis. Anda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi berkala ke dokter gigi setidaknya 2 tahun sekali untuk orang dewasa dan setahun sekali untuk anak-anak.

Jika sakit gigi berlubang yang dialami memicu keluhan, misalnya pembengkakan wajah, sulit mengunyah, dan sulit membuka mulut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar didiagnosis penyebabnya, sehingga diberikan penanganan yang sesuai kondisi dan tidak menimbulkan infeksi atau komplikasi yang parah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout