Blog

hidung tersumbat bayi

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Hidung tersumbat yang terjadi pada bayi biasanya disebabkan karena flu. Flu yang menyerang bayi ini biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang bagian saluran pernapasan baik itu hidung maupun tenggorokan. Dengan adanya kondisi ini akan membuat bayi Anda akan kesulitan untuk bernafas. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi? Simak artikel berikut ini

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Ada berbagai cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi Anda lho, berikut cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi 

a. Untuk mengatasi hidung tersumbat Anda dapat meminumkan air hangat pada bayi Anda 

Dengan memberi air hangat pada bayi Anda akan mempercepat proses penyembuhan khususnya penyakit flu pada bayi. Air hangat terbukti mampu untuk mengencerkan lendir yang telah mengendap pada bagian hidung, sehingga jika Anda memberikan air hangat pada bayi Anda, lendir yang ada akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Minuman air hangat itu tidak harus air putih, Anda dapat mengkombinasikan minuman air hangat dengan lemon maupun madu, bahkan Anda juga dapat mencampurkan wedang jahe sehingga tenggorokan akan lebih hangat. Selain itu memberikan teh hangat juga dapat menjadi antiseptik yang terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk bayi Anda 

b. Cara yang ke dua yaitu dengan menghirup uap air hangat

Langkah ini cukup ampuh Anda terapkan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak kesayangan Anda, langkah pertama Anda dapat merebus air sampai mendidih, setelah itu Anda dapat meletakkan air yang sudah direbus pada wadah, setelah itu Anda dapat mengajak bayi Anda untuk dapat menghirup uap air hangat tersebut, tetapi pastikan Anda meletakkan wadah dengan air yang hangat tersebut jaraknya tidak terlalu dekat dengan anak Anda ya, karena jika terlalu dekat jaraknya anak Anda akan kepanasan.

c. Cara yang ketiga yaitu Anda dapat mengompres hidung anak Anda dengan menggunakan air hangat 

Jika anak Anda flu dan hidungnya tersumbat maka Anda dapat mengompres hidung anak Anda dengan menggunakan air hangat, caranya cukup mudah Anda hanya cukup mencelupkan kain yang bertekstur halus dan lembut, lalu Anda dapat memerasnya dan usapkan pada bagian hidung bayi.

d. Langkah selanjutnya Anda dapat memberi obat flu yang khusus untuk anak sesuai dengan umur anak Anda

Pastikan ketika Anda membeli obat untuk anak, Anda harus memperhatikan mengenai umur anak Anda, jangan sampai Anda salah beli. Karena dosis yang ada pada obat biasanya ditentukan berdasarkan usia yang ada. Selain itu pastikan Anda mencari obat yang telah mengandung PE atau phenylephrine yang berperan sebagai dekongestan yang dapat melegakan hidung tersumbat.

Hal diatas adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, yang dapat Anda terapkan sehingga anak akan kembali sehat kembali. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout