Blog

anak demam

4 Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari Yang Tidak Kunjung Menurun

Cara mengatasi anak demam di malam hari yang tidak kunjung menurun, apakah Anda juga ingin mengetahui caranya? Saat berada di kondisi ini, pastikan untuk mencoba tetap tenang dan tidak panik. Segera berikan pertolongan dengan beberapa langkah mudah berikut, yuk simak bersama apa saja caranya!

1. Memastikan anak minum air putih sebelum tidur

Biasakan untuk memberikan air putih sebelum buah hati Anda tidur, terlebih saat mereka demam. Bukan tanpa alasan, faktanya demam rentan membuat anak kehilangan cairan tubuh dan mengakibatkan dehidrasi serta peningkatan suhu tubuh. 

Untuk itu, dengan mengisi cairan tubuh Anda telah membantu pencegahan dehidrasi pada buah hati tercinta. Jika si kecil tidak ingin minum air putih, Anda bisa menggantinya dengan segelas susu hangat. Meskipun susu tidak mampu meredakan demam, akan tetapi kandungan tryptophan bisa menciptakan rasa tenang. 

Tentu saja hal ini sangat berguna untuk membuat anak tidur lebih nyenyak. Selain itu, susu juga sangat bermanfaat berkat kandungan gizi penting didalamnya. Hanya pastikan Anda memilih susu anak yang telah mengandung kombinasi zat besi dan vitamin C. 

2. Pakaikan baju tipis pada anak untuk menyerap keringat

Memakaikan baju tipis juga salah satu cara mengatasi anak demam di malam hari yang bisa Anda lakukan. Sayangnya, selama ini banyak orang mengira jika anak demam lebih baik dipakaikan pakaian tebal agar tidak kedinginan. Faktanya, anggapan ini tidak tepat.

Menggunakan pakaian tebal malah akan membuat suhu tubuh anak semakin naik karena bahan tebal akan memerangkap panas anak sehingga tidak bisa keluar dari tubuh.  Nyatanya keringat yang keluar merupakan cara alami tubuh dalam menstabilkan suhu. 

Untuk itu, Anda bisa menggunakan pakaian berbahan tipis yang bisa menyerap keringat ketika si kecil mulai menunjukkan gejala demam. 

3. Menggunakan kompres hangat

Salah satu pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan kompres hangat untuk memastikan demam tidak semakin naik dan memastikan anak bisa tidur dengan nyenyak. Bukan kompres dingin, untuk memicu otak menurunkan suhu tubuh Anda harus memberikan sensasi hangat pada si kecil. 

Coba ambil air hangat suam kuku, rendamlah kain waslap bersih kedalam wadah berisikan air dan peras agar terasa lembab. Setelahnya, segera kompres pada  lipatan tubuh seperti ketiak dan leher buah hati Anda. Anda bisa melakukannya secara berulang jika waslap mulai mendingin.

4. Memberikan obat penurun panas

Langkah terakhir tentu saja dengan memberikan obat penurun demam beberapa saat sebelum anak tidur. Pastikan Anda memberikan obat sesuai dosis umurnya. Jangan pernah mengurangi apalagi melebihkan dosis obat dari petunjuk pemakaian. 

Apabila Anda cukup ragu untuk bertindak, langsung bertanya pada dokter atau apoteker saat membeli obat dan sebelum memberikannya pada buah hati tercinta Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi anak demam di malam hari yang bisa Anda upayakan, semoga ulasan di atas bermanfaat ya!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout