Cara Mengatasi Batuk Terus-Menerus pada Anak yang Efektif

cara mengatasi batuk terus menerus

Cara Mengatasi Batuk Terus-Menerus pada Anak yang Efektif

Batuk adalah kondisi yang umum dialami anak. Batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis. Namun, batuk yang tidak kunjung sembuh pada anak perlu diwaspadai. Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi batuk terus-menerus pada anak yang efektif.

Batuk adalah kondisi yang tidak berbahaya, namun jika diabaikan tanpa penanganan, berisiko komplikasi yang serius. Untuk mencegah hal ini, berikut cara mengatasi batuk terus-menerus pada anak yang bisa dilakukan.

Gejala Batuk Terus-Menerus pada Anak

Anda perlu mewaspadai jika batuk anak disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • Muntah.
  • Demam tinggi.
  • Sesak napas.
  • Tidak nafsu makan.
  • Lemas.
  • Berat badan turun.

Gejala berikut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengidap asma dan penderita asam lambung.Jika anak menunjukkan gejala-gejala di atas, segera bawa ke dokter untuk mencegah komplikasi yang fatal. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, sehingga diberikan penanganan yang tepat.

Ketahui Cara Mengatasi Batuk Terus-Menerus pada Anak

Ada beberapa cara mengatasi batuk terus-menerus pada anak yang bisa dilakukan sebelum membawanya ke dokter, yaitu:

1. Memilih makanan dan jajanan yang sehat untuk anak

Makanan atau jajanan yang sehat penting untuk mengurangi gejala batuk pada anak. Pilih makanan atau jajanan yang tidak mengandung bahan yang memicu alergi dan sensitivitas tenggorokan anak. Namun, jika batuk anak tidak sembuh, berikan obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep dokter. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera di label kemasan.

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Memastikan kebersihan rumah adalah kunci anak terhindar dari batuk terus-menerus. Ketika batuk anak sudah sembuh, jauhkan dari benda-benda yang kotor dan berdebu. Selain itu, sebaiknya Anda membersihkan kasur anak dan mengganti spreinya secara berkala. Jika Anda memasang pendingin ruangan, pastikan untuk membersihkannya secara rutin untuk mencegah penumpukan debu. 

3.  Mencukupi cairan tubuh anak

Batuk terus-menerus pada anak bisa disebabkan karena dehidrasi. Oleh karena itu, asupan cairan tubuh anak harus tercukupi dengan memastikan anak minum air putih. Untuk anak yang berusia di bawah 6 bulan, cukup berikan ASI. Namun, jika anak berusia di atas 6 bulan, berikan air hangat sedikit-sedikit, namun sering. Cara ini efektif mengencerkan dan mengeluarkan lendir, sehingga bisa mempercepat penyembuhan batuknya.

4. Pastikan anak beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup penting untuk meringankan batuk terus-menerus pada anak. Durasi istirahat tergantung tingkat keparahan gejala, misalnya 2-3 hari. Oleh karena itu, pastikan anak mengurangi waktu bermainnya dan sekolahnya hingga gejala batuk berkurang.

5. Hindari pemicu alergi

Alergi adalah salah satu penyebab batuk terus-menerus pada anak. Untuk mengatasinya, pastikan untuk menjauhkan anak dari alergen, misalnya debu, bulu hewan, atau jamur yang menempel di kasur atau sofa di rumah. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kebersihan kasur dan lingkungan di area rumah.

6. Berikan obat batuk khusus anak

Penggunaan obat batuk khusus anak juga bisa dilakukan jika cara-cara di atas tidak efektif mengatasi batuk terus-menerus pada anak. Namun, sebelum memberikan obat apa pun pada anak, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan dosis obat yang tepat untuk anak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout