Blog

Cara Menerapkan 4 Sehat 5 Sempurna pada Anak

Cara Menerapkan 4 Sehat 5 Sempurna pada Anak

4 sehat 5 sempurna adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mencakup makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan ditambah susu.

4 sehat 5 sempurna adalah kampanye yang diperkenalkan pemerintah pada 1952. Kampanye tersebut bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Agar penerapannya tidak salah, berikut panduan 4 sehat 5 sempurna untuk anak yang tepat.

Panduan 4 Sehat 5 Sempurna yang Tepat

Untuk menentukan takaran 4 sehat 5 sempurna pada anak, berikut panduan yang bisa Anda terapkan:

1. Makanan pokok

Nasi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia dan juga sumber karbohidrat yang baik. Dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP), berikut rekomendasi takaran nasi untuk anak per hari:

  • Usia 4-8 tahun: 8 sdm nasi.
  • Usia 9-13 tahun: 10 sdm nasi.

2. Lauk pauk

Ada beragam jenis lauk pauk yang masuk kategori 4 sehat 5 sempurna untuk anak, yaitu:

  • Telur

Telur adalah sumber protein yang dibutuhkan tubuh, terutama kuning telur. Protein dalam telur bermanfaat untuk mengoptimalkan jaringan otot dan efektif mengatur keasaman pH dalam tubuh. Namun, anak tidak dianjurkan makan telur hingga 2 butir per hari.

  • Ikan dan daging

Ikan salmon kaya asam lemak omega-3, kalium, selenium, dan vitamin B12 yang baik untuk mengoptimalkan otak anak. Sedangkan, daging ayam dan daging sapi kaya akan protein, lemak, dan energi yang baik untuk kesehatan.

  • Tahu dan tempe

Tahu dan tempe kaya protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut takaran konsumsi protein berdasarkan usia anak:

  • Anak usia 4-8 tahun, memerlukan 300-550 gram protein per hari.
  • Anak usia 2-3 tahun, memerlukan 1.000-1.400 kkal per hari.
  • Anak usia 4-8 tahun, memerlukan 1.200-1.800 kkal .

3. Sayuran

Agar pertumbuhan anak optimal, berikan sayuran mentah segar, rebus, atau diolah dalam bentuk jus. Sayuran yang dianjurkan untuk anak adalah sayuran hijau, orange, merah, atau kacang-kacangan. Anak membutuhkan sayuran rata-rata 1-2,5 cangkir per hari.

4. Buah-buahan

Seperti halnya sayur-sayuran, buah-buahan mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Dikutip dari Journal of Antioxidants, kandungan antioksidan dalam kulit buah terdiri dari warna klorofil, misalnya jambu dan kiwi. Agar anak tidak bosan dalam mengonsumsi buah-buahan, variasikan dalam bentuk jus, namun tanpa gula. Untuk pertumbuhan anak yang optimal, berikan 1-1,5 cangkir buah per hari atau setara dengan satu buah apel utuh berukuran sedang.

5. Susu

Susu adalah tambahan dari 4 jenis makanan di atas. Berikan susu kepada anak hingga tiga kali sehari. Beragam jenis susu yang dianjurkan dalam kategori 4 sehat 5 sempurna, yaitu susu sapi, susu kedelai, dan susu almond.

Itulah penjelasan mengenai 4 sehat 5 sempurna dan panduan takaran konsumsinya. Terapkan pada anak agar pola makan sehat terbentuk sejak dini. Jika Anda masih ragu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis makanan dan dosis yang tepat untuk anak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout