Cara Mencegah Batuk agar Terhindar dari Penularan

cara mencegah batuk

Cara Mencegah Batuk agar Terhindar dari Penularan

Batuk adalah penyakit yang umum dialami saat musim pancaroba. Oleh karena itu, pencegahan batuk yang tepat penting dilakukan agar terhindar dari penularan batuk. Ketahui lebih lanjut mengenai cara mencegah batuk yang efektif.

Meski bukan penyakit yang berbahaya, namun batuk bisa mengganggu kenyamanan, bahkan menghambat aktivitas. Agar terhindar dari penularan batuk yang cepat, berikut beberapa cara mencegah batuk yang bisa Anda terapkan.

Ketahui Cara Mencegah Batuk yang Efektif 

Batuk rentan dialami siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Untuk menurunkan risiko penularan batuk, berikut beragam cara mencegah batuk yang efektif:

1. Mencuci tangan

Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara mencegah batuk yang penting. Hal ini dikarenakan kuman-kuman yang menyebabkan batuk bisa menyebar dari tangan, lalu ke mulut dan mata.

Dikutip dari Andrew Pekosz, profesor mikrobiologi dari John Hopkins University, sabun jenis apa saja efektif membunuh bakteri dan virus, sehingga mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang tepat untuk mencegah batuk. Meski tidak bisa mencegah virus sepenuhnya, namun rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir efektif menurunkan risiko tertular batuk.

2. Menggunakan masker

Cara mencegah batuk lainnya adalah menggunakan masker, terutama ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan masker efektif mencegah virus, bakteri, dan kuman, yang menyebabkan batuk. Masker juga bisa melindungi Anda dari polutan dan alergen, atau mencegah penularan ketika Anda melakukan kontak langsung dengan orang yang mengalami batuk.

3. Desinfeksi

Menggunakan desinfektan adalah cara mencegah batuk yang efektif. Kuman-kuman yang menyebabkan batuk bertahan hidup di permukaan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mendesinfeksi area tertentu, misalnya gagang pintu, permukaan meja, atau remote control. Caranya, gunakan semprotan desinfektan atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan pemutih dan air hangat secukupnya.

4. Konsumsi makanan bergizi

Daya tahan tubuh yang kuat adalah cara efektif untuk mencegah batuk. Untuk menjaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh, misalnya jeruk, brokoli, bayam, salmon, bawang putih, atau blueberry.

Selain itu, penelitian dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi jamur efektif memperkuat daya tahan tubuh. Penelitian tersebut mengamati orang yang mengonsumsi jamur shitake setiap hari selama satu bulan. Hasilnya, orang tersebut mengalami peningkatan produksi sel limfosit T yang berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi jamur secara rutin untuk mencegah batuk secara efektif.

5. Mencukupi cairan tubuh

Mencukupi cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih juga ampuh mencegah batuk. Orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih setidaknya dua liter per hari. Meski demikian, kebutuhan cairan tersebut bisa berbeda pada pengidap gangguan ginjal.

Selain itu, ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk mencegah batuk, yaitu:

  • Tidak merokok.
  • Istirahat yang cukup.
  • Rutin berolahraga.
  • Mengonsumsi makanan bergizi.
  • Menerima vaksinasi flu dan pneumonia secara berkala.
  • Menjaga jarak dengan pengidap penyakit menular, misalnya pneumonia, flu, dan TBC.
  • Melakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala jika mengidap GERD atau asma karena dapat memicu sesak napas.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout