Blog

Cara Membuat Barcode Pedulilindungi

Cara Membuat Barcode Pedulilindungi yang Mudah dan Cepat

Cara membuat barcode Pedulilindungi kini menjadi suatu hal yang penting untuk beraktivitas sehari-hari di masa pandemi. Barcode Pedulilindungi saat ini menjadi syarat wajib jika ingin masuk ke berbagai fasilitas publik, seperti tempat ibadah dan pusat perbelanjaan. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda tidak dibolehkan masuk ke tempat tersebut.

Sebagai perlindungan diri dan orang lain di masa pandemi, maka Anda perlu memiliki barcode Pedulilindungi. Agar hidup Anda semakin mudah dan aktivitas lancar, berikut cara membuat barcode Pedulilindungi yang perlu Anda ketahui.

Cara Membuat Barcode Pedulilindungi via Aplikasi

Jika Anda telah mendapatkan dua dosis vaksin atau sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, Anda bisa mencetak sertifikat vaksin. Namun, jika Anda ingin melakukannya dengan lebih mudah dan cepat, Anda bisa membuat QR Code Pedulilindungi melalui aplikasi atau situs web resmi. Berikut cara membuat QR Code Pedulilindungi melalui aplikasi:

  1. Unduh dan instal aplikasi Pedulilindungi melalui Google Play Store atau App Store. Buka aplikasi, kemudian masuk dengan akun yang Anda miliki. Jika belum memiliki akun, daftarkan dengan memasukkan data yang terdiri dari nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel, atau email.
  1. Setelah berhasil masuk ke halaman awal aplikasi Pedulilindungi, klik ‘Akun’ yang ada di sebelah kanan atas. Setelah itu, klik opsi ‘Sertifikat Vaksin’ dan pilih nama Anda. Jika Anda baru pertama kali mengakses sertifikat vaksin, Anda perlu menggunakan NIK pada KTP. Jika sertifikat vaksin dan data pendukung sudah muncul, Anda bisa menyimpannya di ponsel. 

Cara Membuat QR Code PeduliLindungi via Situs Web

Selain aplikasi, Anda juga bisa membuat barcode Pedulilindungi melalui situs web resminya. Anda bisa menggunakan laptop jika ingin mencetak sertifikat vaksin secara langsung. Berikut cara membuat scan barcode Pedulilindungi melalui situs web resminya:

  1. Masuk ke situs resmi Pedulilindungi di https://www.pedulilindungi.id/.
  1. Login dengan akun yang Anda miliki. Jika belum memiliki akun, daftarkan terlebih dahulu dengan data pribadi yang meliputi, nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel, atau email.
  1. Klik nama akun yang Anda gunakan di pojok kanan atas, kemudian pilih ‘Sertifikat Vaksin’.
  1. Setelah itu, klik bagian nama dan akses dengan mengisi NIK. Jika belum bisa diakses, buka ‘Riwayat & Tiket Vaksin’ terlebih dahulu, lalu kembali ke ‘Sertifikat Vaksin’.
  1. Setelah itu, sertifikat vaksin akan muncul. Anda bisa langsung menyimpan atau mencetaknya agar lebih mudah dibawa.

Selain itu, Anda perlu mengetahui status kesehatan di Pedulilindungi. Pada aplikasi Pedulilindungi atau sertifikat vaksin ada tiga warna yang menunjukkan status kesehatan Anda, yaitu:

  1. Hijau: Menunjukkan jika Anda sudah mendapatkan dua dosis vaksin, tidak dalam status positif COVID-19, serta tidak memiliki riwayat kontak erat dengan orang yang positif COVID-19.
  1. Kuning: Menunjukkan jika Anda baru saja mendapatkan vaksinasi dosis pertama.
  1. Merah: Menunjukkan jika Anda belum pernah divaksin, sedang dalam kondisi positif COVID-19, dan memiliki riwayat kontak erat dengan orang yang positif COVID-19.

Itulah tutorial mengenai cara membuat barcode Pedulilindungi yang mudah dan cepat.  Untuk menggunakan barcode Pedulilindungi, pastikan Anda sudah divaksin terlebih dahulu. Jika Anda belum melakukan vaksinasi, segera daftarkan diri Anda melalui puskesmas, rumah sakit, atau tempat-tempat lainnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout