Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk memiliki rambut yang lurus dan halus, banyak perempuan menggunakan catokan rambut, karena dianggap lebih mudah dan praktis. Namun, penggunaan catokan rambut yang berlebihan dapat merusak rambut dan membuatnya kering. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan cara meluruskan rambut secara alami.

Selain lebih aman untuk rambut, meluruskan rambut secara alami juga membuat hasilnya lebih terlihat alami dan berkilau. Bagi Anda yang memiliki rambut ikal atau bergelombang dan ingin memiliki rambut lurus, berikut beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Anda coba.

Berikut beberapa cara alami untuk membuat rambut lurus, halus, dan terlihat alami:

1. Kombinasi minyak zaitun dan telur

Kandungan hidroksitirosol dan vitamin E dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menutrisi dan menghaluskan rambut. Sedangkan, telur mengandung asam lemak, vitamin, dan mineral, yang dapat menjaga kesehatan rambut. Caranya, campur dua butir telur dengan minyak zaitun, kemudian aplikasikan ke rambut secara merata, diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cucilah rambut hingga bersih.

2. Ekstrak lidah buaya

Lidah buaya dikenal sejak lama dapat menjaga kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Ekstrak lidah buaya juga mudah meresap ke dalam helai rambut dan melembapkan kulit kepala. 

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, yaitu siapkan setengah cangkir gel lidah buaya dan minyak zaitun hangat, kemudian campurkan. Lalu, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala, pijat kulit kepala dengan lembut, diamkan hingga meresap ke helai rambut. 

Gunakan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, dan akhiri dengan menggunakan kondisioner, bilas hingga bersih.

3. Aplikasikan masker rambut alami

Menggunakan masker rambut alami secara teratur juga dapat membantu membuat tampilan rambut menjadi lebih lurus, halus, dan sehat. Gunakan bahan-bahan alami, seperti alpukat, lidah buaya, dan madu, untuk memberikan protein pada rambut yang ikal dan bergelombang, sehingga menjadi lebih halus, kuat, dan berkilau. 

Buat masker rambut dari bahan-bahan alami tersebut di rumah. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan alami tersebut agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jika aman digunakan, gunakan masker rambut alami secara rutin.

4. Menggunakan minyak alami

Cara meluruskan rambut secara alami lainnya adalah mengoleskan minyak alami ke kulit kepala secara rutin. Cara ini bermanfaat untuk melembapkan dan menghaluskan rambut karena kerusakan rambut, serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan minyak almond dan minyak kelapa.

Itulah beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang tergolong mudah dan aman. Namun, Anda perlu melakukannya secara konsisten agar hasilnya bisa terlihat dan memuaskan.

Namun, jika cara-cara di atas tidak berhasil atau rambut justru semakin kering, ikal, dan mengembang karena produk perawatan rambut tertentu, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout