Blog

cara download sertifikat vaksin booster

Cara Download Sertifikat Vaksin Booster di PeduliLindungi

Pemerintah telah menjalankan program vaksinasi booster Covid-19 sejak 12 Januari 2022 untuk mencegah penyebaran varian baru Omicron. Masyarakat yang telah mendapatkan vaksin akan menerima sertifikat vaksin. Lalu, bagaimana cara download sertifikat vaksin booster?

Sertifikat vaksin merupakan bukti Anda telah mendapatkan vaksin booster. Jika Anda telah divaksin booster, Anda bisa download sertifikat vaksin melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi. Bagaimana cara download sertifikat vaksin? Berikut langkah-langkahnya:

Cara Download Sertifikat Vaksin Booster

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan sertifikat vaksin, pemerintah telah menyediakan cara mudah, yaitu melalui aplikasi dan situs PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Melalui situs 

  • Buka browser di ponsel Anda, lalu akses situs PeduliLindungi di https://www.pedulilindungi.id/.
  • Pada halaman awal, Anda bisa memilih opsi “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi”.
  • Masukkan nomor ponsel Anda. Pastikan nomor yang digunakan sama seperti yang telah didaftarkan pada program vaksinasi sebelumnya.
  • Kode OTP akan dikirim melalui SMS, lalu masukkan kode tersebut untuk melakukan proses verifikasi.
  • Setelah berhasil log in ke akun Anda, pilih opsi “Sertifikat Vaksin” yang berada di samping kiri halaman.
  • Pada halaman ini, akan muncul opsi untuk download sertifikat vaksin booster. Selanjutnya, Anda bisa menyimpan sertifikat dalam bentuk digital atau cetak.

2. Melalui Aplikasi

  1. Download aplikasi PeduliLindungi melalui Play Store maupun App Store.
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi dan pilih opsi “Masuk”.
  3. Bagi yang belum memiliki akun, Anda bisa mendaftarkannya dengan menggunakan nama lengkap dan email atau nomor handphone.
  4. Lalu, masuk ke aplikasi dengan memasukkan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email.
  6. Pilih opsi “Akun” pada menu utama.
  7. Pilih opsi “Sertifikat Vaksin”.
  8. Klik nama Anda dan sertifikat vaksin pun akan muncul.
  9. Untuk mengunduhnya, pilih opsi “Unduh Sertifikat” pada bagian kanan bawah. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk digital atau cetak.

Selain mengunduh sertifikat vaksin, Anda juga bisa mendaftar vaksin booster melalui website PeduliLindungi. Berikut caranya:

  • Masuk ke situs PeduliLindungi
  • Masukkan nama lengkap dan NIK
  • Klik “Periksa”
  • Di halaman selanjutnya, akan tampil tiket vaksinasi dan status

Jika Anda termasuk kelompok prioritas, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, sebaiknya segera datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP atau surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. 

Baca juga lokasi vaksin booster Jakarta

Baca Juga lokasi vaksin booster bekasi

Baca juga lokasi vaksin booster Depok

Baca juga lokasi vaksin booster bogor

Jenis Vaksin yang Digunakan

Untuk jenis vaksin yang digunakan, ada lima vaksin yang telah mendapat izin resmi dari BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI, yaitu Pfizer-BioNtech, CoronaVac, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam negeri dan luar negeri. Berikut beberapa kombinasi vaksin booster sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri, serta telah dikonfirmasi oleh BPOM dan ITAGI:

  1. Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
  2. Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Kemenkes memastikan seluruh kombinasi sudah mendapatkan persetujuan BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout