Blog

cara cek lokasi terdekat vaksin booster

Cara Cek Lokasi Terdekat Vaksin Booster

Pemerintah memutuskan untuk memberikan vaksin booster secara gratis pada 12 Januari lalu. Sejumlah lokasi vaksinasi di beberapa wilayah telah mengadakan vaksinasi booster dengan menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer. Lalu, bagaimana cara cek lokasi terdekat vaksin booster?

Sejauh ini, kasus Covid-19 varian Omicron sedang meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, kebutuhan akan vaksin booster semakin meningkat saat ini. Agar bisa mendapatkan vaksinasi booster dengan mudah, Anda perlu mengetahui cara cek lokasi terdekat vaksin booster berikut:

Cara Cek Lokasi Terdekat Vaksin Booster di Google Maps

Dengan semakin meningkatnya kasus positif Omicron di Indonesia, permintaan vaksinasi booster Covid-18 juga turut meningkat. Data terbaru dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa pemberian vaksin booster dari Pfizer-BioNTech hingga Moderna tidak hanya mencegah orang terinfeksi virus Omicron, namun juga mencegah orang yang terinfeksi mengalami gejala berat dan berakhir di rumah sakit.

Baca juga lokasi vaksin booster Bogor

Untuk mencari lokasi vaksinasi booster Covid-19 terdekat, Anda bisa menggunakan Google Maps. Tidak hanya mengumpulkan informasi mengenai titik-titik lokasi vaksin terdekat, Anda juga bisa mendaftar vaksin booster secara langsung melalui Google Maps. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda.
  2. Ketik ‘Lokasi Vaksin Covid-19’ di kotak pencarian.
  3. Kemudian, akan muncul titik-titik lokasi vaksin Covid-19 di dekat lokasi Anda.
  4. Pilih lokasi vaksin yang diinginkan.
  5. Jika lokasi vaksin memiliki fitur ‘book appointment’, Anda bisa klik dan diarahkan ke platform pendaftaran, seperti JAKI, website resmi lokasi vaksin, atau link form untuk mendaftar.
  6. Jika tidak ada fitur ‘book appointment’, Anda bisa menghubungi nomor yang tercantum untuk meminta informasi mengenai vaksin booster.

Cara Cek Jadwal dan Tiket Vaksinasi di PeduliLindungi

Setelah menentukan lokasi vaksinasi yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara cek jadwal dan tiket vaksinasi. Tiket vaksin digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang telah ditentukan. Berikut cara cek tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi:

  1. Aplikasi 
  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu “Profil” yang berada di bagian atas aplikasi. Selanjutnya, pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
  • Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”
  1. Situs web
  • Kunjungi website PeduliLindungi
  • Masukkan nama lengkap dan NIK
  • Klik “Periksa”
  • Di halaman selanjutnya, akan tampil tiket vaksinasi dan status

Jika Anda termasuk kelompok prioritas, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, sebaiknya segera datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP atau surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. 

Jenis Vaksin Booster yang Digunakan 

Untuk jenis vaksin yang digunakan, ada beberapa kombinasi vaksin booster sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri, serta telah dikonfirmasi oleh BPOM dan ITAGI:

  • Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
  • Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Baca juga lokasi vaksin booster Depok

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout