Blog

buah yang mengandung vitamin E

Cegah Penyakit dengan 6 Buah yang Mengandung Vitamin E Ini

Tubuh membutuhkan vitamin E sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang memicu berbagai penyakit. Selain itu, vitamin E dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah penggumpalan darah di pembuluh darah jantung. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat vitamin E adalah mengonsumsi buah yang mengandung vitamin E.

Selain sayuran, buah yang mengandung vitamin E juga mampu menyediakan kebutuhan vitamin E harian Anda. Beragam buah yang mengandung vitamin E dapat Anda masukkan dalam menu sehat harian Anda. Berikut 6 di antaranya.

Beragam Buah yang Mengandung Vitamin E

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin E akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit dan dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Konsumsi 6 buah berikut untuk mendapatkan manfaat vitamin E.

  1. Pepaya

Selain ampuh untuk menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah, pepaya juga termasuk buah yang mengandung vitamin E tinggi. Dalam setiap 100 gram pepaya, mengandung 0,73 miligram vitamin E. Tidak hanya itu, pepaya juga merupakan sumber mineral yang baik dan kaya akan serat yang baik untuk melancarkan metabolisme tubuh.

  1. Mulberry

Mulberry juga termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin E yang cukup signifikan. Dalam 100 gram mulberry, mengandung sekitar 0,87 vitamin E. Selain itu, mulberry juga mengandung potassium dan flavonoid yang tinggi.

  1. Mangga

Buah yang memiliki rasa segar dan nutrisi yang lengkap ini juga bisa Anda pilih sebagai buah-buahan yang mengandung vitamin E. Selain itu, mangga juga dikenal dengan kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi untuk memenuhi asupan nutrisi harian dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  1. Raspberry

Buah berwarna merah cerah ini memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh yang rendah, serta serat dan antioksidan yang tinggi. Tidak hanya itu, raspberry juga mengandung vitamin E yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari pepaya dan mulberry. Dalam 100 gram raspberry, mengandung sekitar 1,42 miligram vitamin E

  1. Kiwi

Meski kiwi bukan buah asli Indonesia, namun Anda bisa mendapatkannya di supermarket terdekat. Kiwi merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya vitamin E. Kandungan vitamin E dalam kiwi bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, seperti gangguan jantung dan pembuluh darah.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang unik. Meski kandungan kalori dan lemaknya tinggi, namun alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Bahkan, alpukat merupakan makanan yang mengandung vitamin E paling tinggi di antara buah-buahan lain. Dalam satu alpukat, mengandung sekitar 2,07 miligram vitamin E.

Dampak Kekurangan Vitamin E

Meski tanda-tandanya tidak terlalu signifikan, namun tubuh yang kekurangan vitamin E memiliki beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Khususnya bagi orang yang memiliki gangguan pencernaan, seperti penderita pankreatitis akut, cystic fibrosis, dan penyakit celiac. Beberapa gejala tubuh kekurangan vitamin E, antara lain kerusakan pada retina mata yang mengakibatkan kerusakan penglihatan, kerusakan saraf perifer di tangan atau kaki yang menyebabkan nyeri (Neuropati perifer), kehilangan kendali gerakan tubuh (Ataxia), serta sistem imun tubuh yang menurun.


Gejala-gejala di atas dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, serta didukung juga dengan berolahraga secara teratur. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E. Namun, sebelum mengonsumsi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebh dahulu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout