Blog

Buah yang Mengandung Vitamin D

5 Buah yang Mengandung Vitamin D: Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak merupakan hal penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Vitamin D berperan besar dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D.

Selain sinar matahari, sumber vitamin D terbaik lainnya adalah buah yang mengandung vitamin D. Dengan memenuhi asupan vitamin D harian pada anak, maka anak dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan imun tubuhnya.

Beragam Buah yang Kaya Akan Vitamin D

Menurut penelitian, asupan vitamin D sangat penting agar perkembangan otak anak dapat bekerja secara optimal. Selain itu, asupan vitamin D yang cukup akan membantu proses tumbuh kembang anak. Berikut 5 buah yang mengandung vitamin D untuk menjaga kesehatan anak.

  1. Kiwi 

Selain kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam folat, kalsium, serat, dan antioksidan, kiwi juga mengandung vitamin D. Penelitian menemukan bahwa kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko berbagai penyakit.

  1. Anggur

Meski kandungan vitamin D dalam anggur relatif rendah, namun anggur kaya akan nutrisi lainnya. Antara lain vitamin dan mineral, seperti serat, vitamin C, zat besi, kalsium, antioksidan, dan zinc. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, anggur berfungsi untuk melancarkan pencernaan, melindungi sistem saraf, dan mengurangi risiko infeksi pernapasan.

  1. Leci

Tidak hanya manis, namun leci juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan si kecil. Kandungan vitamin D dalam leci berkhasiat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sistem imun, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, dan mencegah risiko kanker. Selain itu, leci juga kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, vitamin B12, kalium, natrium, dan kalsium.

  1. Mangga

Rasanya yang manis dan segar membuatnya digemari oleh anak-anak. Namun, kelebihan mangga terletak pada kandungan nutrisinya yang lengkap. Antara lain, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K. Semua kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mencegah risiko anemia.

  1. Jambu Biji

Pilihan buah yang mengandung vitamin D berikutnya adalah jambu biji. Jambu biji juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan anak lainnya, seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium, kalium, serta antioksidan. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta melancarkan pencernaan. 

Dampak Kekurangan Vitamin D Pada Anak

Kekurangan vitamin D pada anak pada umumnya tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Namun, dalam kondisi yang parah, kekurangan vitamin D pada anak menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  1. Gangguan pertumbuhan tinggi badan anak.
  2. Keterlambatan pertumbuhan gigi.
  3. Rakitis, atau kondisi di mana anak mengalami nyeri pada tulang kaki dan otot, sehingga mengakibatkan bentuk kaki anak bermasalah, misalnya kaki X atau kaki O.
  4. Ketidakstabilan mood dan emosi.
  5. Kelemahan otot jantung.
  6. Rentan terhadap infeksi, salah satunya infeksi sistem pernapasan.

Untuk mencegahnya, pastikan buah yang mengandung vitamin D ada dalam menu sehat sehari-hari si kecil.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout