Blog

buah yang bisa menurunkan kolesterol

Cegah Beragam Penyakit, Ini 6 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu pemicu risiko berbagai gangguan kesehatan. Gejala kolesterol tinggi perlu diwaspadai sejak dini. Agar terhindar dari risiko kolesterol tinggi, Anda perlu menerapkan pola makan sehat, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa buah yang bisa menurunkan kolesterol. Selain itu, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

Kadar kolesterol normal orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dL. Salah satu tanda seseorang terkena kolesterol tinggi adalah jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan angka di atas 240 m/dL. Kolesterol tinggi memicu risiko berbagai penyakit, seperti aterosklerosis dan plak berbahaya di dinding arteri. Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda dapat mengonsumsi 6 buah berikut.

Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Menerapkan pola makan sehat adalah salah satu upaya mencegah kolesterol tinggi sejak dini. Buah-buahan merupakan jenis makanan yang baik untuk menurunkan risiko kolesterol. Hal ini dikarenakan buah-buahan kaya akan serat yang larut dalam air. Serat dalam buah berfungsi untuk mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Meski kolesterol diperlukan tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel sehat, namun kadar kolesterol jahat yang tinggi justru dapat memicu pembentukan plak, sehingga menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk mengendalikan kadar kolesterol, Anda perlu mengonsumsi buah-buahan berikut:

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang bisa menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan apel mengandung pektin, yaitu kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Kandungan zat inulin dalam pisang berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang didapatkan dari mengonsumsi berbagai jenis makanan. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah dapat dikendalikan.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

3. Alpukat

Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, rutin mengonsumsi alpukat dapat mengendalikan kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang berfungsi untuk menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

4. Jambu Biji

Buah yang bisa menurunkan kolesterol berikutnya adalah jambu biji. Buah ini mengandung beragam nutrisi yang penting untuk membantu menjaga kesehatan jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Buah Bit

Buah yang satu ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology. Penelitian tersebut menemukan bahwa rutin mengonsumsi buah bit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Berry dan Anggur

Kandungan serat larut dalam buah berry dan anggur berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mendorong tubuh untuk membuat kolesterol dan menghentikan hati memproduksi senyawa ini. Selain itu, rutin mengonsumsi berry dan anggur juga dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan kolesterol LDL.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout