Buah Bit, Si Umbi Merah dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

buah bit

Buah Bit, Si Umbi Merah dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, buah bit adalah jenis umbi-umbian dan bukanlah buah. Namun, bit kerap dianggap buah, karena tampilan dan warnanya yang menyerupai buah. Namun, di balik itu, buah bit menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Buah bit kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, misalnya serat, protein, karbohidrat, kalium, folat, magnesium, zat besi, dan vitamin C. Buah bit juga rendah kalori dan lemak, serta kaya antioksidan. Simak informasi selengkapnya mengenai manfaat buah bit.

Beragam Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, ada beragam manfaat buah bit untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu:

  • Mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat pada bit bisa diubah menjadi nitrit oksida di tubuh. Zat tersebut berfungsi untuk mengurangi dan menstabilkan tekanan darah tinggi.
  • Mengontrol kadar gula darah. Kandungan senyawa kimia buah bit dapat mengontrol kadar glukosa dan insulin di tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan asam alpha-lipoic pada buah bit efektif mencegah kerusakan sel dan saraf, terutama pada pengidap diabetes.
  • Meningkatkan kinerja fisik. Penelitian menemukan bahwa kandungan nitrat pada bit efektif meningkatkan kinerja fisik dan stamina tubuh.
  • Mengurangi risiko kepikunan. Kandungan nitrit pada bit juga efektif mencegah kepikunan dengan cara melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.
  • Mencegah risiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan betasianin pada bit efektif menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Mengurangi peradangan di tubuh. Mengonsumsi buah bit secara rutin dapat mengurangi peradangan yang memicu kerusakan jaringan tubuh dan pembuluh darah.
  • Meningkatkan kerja saraf dan otot. Kandungan kalium pada buah bit bermanfaat untuk mendukung fungsi saraf dan otot tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah bit kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan senyawa betaine pada bit efektif mencegah kembung, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan mencegah intoleransi makanan.
  • Mengurangi berat badan. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada buah bit mengenyangkan lebih lama dan menekan nafsu makan. Selain itu, bit rendah kalori, sehingga mendukung program diet Anda.
  • Mengatasi diabetes. Buah bit juga kaya akan antioksidan yang berperan mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Selain beragam manfaat yang disebutkan sebelumnya, buah bit baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah bit tinggi folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin dan mengurangi risiko kelahiran prematur. Meski demikian, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bit secara berlebihan.

Meski manfaatnya beragam, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keamanan dan efektivitas buah bit terkait manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu, hindari mengonsumsi buah bit berlebihan, karena berisiko mengganggu fungsi ginjal dan mengurangi kadar kalsium di tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter sebelum memasukkan buah bit ke menu makan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat buah bit untuk kesehatan secara optimal dan risiko efek samping yang berbahaya bisa dikurangi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout