Blog

bumil makan mie instan

Bolehkan Ibu Hamil Makan Mie Instan? Apakah Bahaya Bagi Janin?

Ibu hamil memang harus hati – hati memilih makanan demi menjaga perkembangan janin sehat. Jadi tidak aneh jika muncul rasa takut untuk konsumsi makanan tertentu di masa kehamilan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul akibat rasa takut ini adalah bolehkah ibu hamil makan mie instan? Mari bahas jawabannya pada artikel berikut!

Boleh Asalkan Dibatasi Konsumsinya

Semua mie instan yang diproduksi di Indonesia sebenarnya aman dikonsumsi. Jadi tidak masalah untuk disantap saat sedang hamil layaknya makanan lainnya. Namun, para ibu hamil harus jaga diri agar aman konsumsi makanan instan ini.

Walaupun memiliki kandungan vitamin, protein, karbohidrat dan mineral di dalamnya, jumlah kandungan nutrisi mie instan tidak banyak. Bagi ibu yang ingin janin berkembang baik, disarankan memilih hidangan lain yang lebih bernutrisi jika ada opsi lain.

Selain itu, kandungan pengawet pada mie instan harus diperhatikan. Jika hanya makan sekali dua kali seminggu, tentu tidak masalah. Namun, konsumsi mie instan hampir setiap hari sangat berbahaya. Pengawet yang aslinya aman dikonsumsi ini bisa berefek negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Jadi dapat disimpulkan, pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan dapat dijawab dengan boleh. Namun, boleh di sini harus dengan kontrol konsumsi yang baik agar tidak berlebihan.

Bagaimana Jika Sedang Ngidam Mie Instan?

Saat hamil, si ibu bisa saja ngidam makanan tertentu. Jika sudah terjadi seperti ini, rasa ingin dapat mempengaruhi emosi. Jadi lebih baik dituruti saja jika keinginan makan mie instan menjadi masalah ngidam. 

Walaupun tetap boleh makan, ngidam dapat menjadi konsumsi berlebihan jika tidak diatasi dengan baik. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat dicoba saat ibu hamil ngidam mie instan:

  • Mengurangi penggunaan bumbu sachet pada mie instan. Gantikan dengan bumbu natural buatan sendiri seperti bawang merah iris, bubuk merica, kecap asin ataupun ulekan sambal terasi. Jadi hidangan mie tetap rasa enak walaupun dikurangi bumbu instan-nya.
  • Menambahkan toping yang lebih bergizi. Gunakan resep kreasi mie instan yang memakai keju, sayuran daun hijau, potongan daun bawang, suwiran daging ayam, telur, kornet dan bahkan potongan tahu agar lebih berimbang nutrisinya.
  • Membuat hidangan mie alternatif. Hidangan mie instan tentu dapat diganti dengan masakan mie yang tidak instan. Contoh saja ramen, mie dok dok, mie seblak dan mie Jawa dapat menjadi alternatif untuk mengurangi makanan berpengawet.

Menggunakan solusi di atas, para ibu hamil yang ngidam tetap dapat terpenuhi keinginannya tanpa efek negatif makanan instan. Pastikan juga konsultasi ke dokter untuk memperhatikan konsumsi makanan si ibu hamil. Semisal dokter melarang sama sekali hidangan instan, ibu hamil harus menurut walaupun ngidam.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi para ibu hamil sekalian. Penjelasan dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan ini dapat disamakan dengan scenario lain. Contoh saja suka hidangan bubur instan ataupun hidangan instan lain, jawabannya tetap sama. Ibu hamil boleh makan selama dikontrol konsumsinya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout