Blog

Cara Menghubungi Pedulilindungi

Bermasalah dengan Sertifikat Vaksin? Ini Cara Menghubungi Pedulilindungi

Anda mengalami kendala yang berkaitan dengan sertifikat vaksin di Pedulilindungi? Tidak perlu khawatir. Pemerintah telah menyediakan beberapa cara menghubungi Pedulilindungi untuk melakukan pengaduan yang berkaitan dengan sertifikat vaksin. Salah satu caranya adalah dengan menghubungi call center di nomor 119 atau melalui e-mail.

Melalui beberapa cara menghubungi Pedulilindungi, pemerintah memberikan kemudahan untuk masyarakat yang mengalami kendala. Salah satunya, belum mendapatkan sertifikat vaksin meski sudah divaksin. Sebelum mengetahui cara melaporkan pengaduan di Pedulilindungi, mari simak cara untuk mengakses sertifikat vaksin berikut.

Sertifikat Vaksin Memudahkan Aktivitas Sehari-Hari 

Untuk mempercepat program vaksinasi di Indonesia, sertifikat vaksin diperlukan sebagai syarat wajib dalam memasuki tempat-tempat umum dan melakukan perjalanan. Untuk memiliki sertifikat vaksin, Anda harus sudah divaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua, dan memiliki aplikasi Pedulilindungi. Untuk mengakses sertifikat vaksin di Pedulilindungi, pemerintah telah menyediakan dua cara, yaitu melalui situs web resmi dan aplikasi berikut:

  1. Situs Web Resmi

● Masuk ke situs PeduliLindungi di https://www.pedulilindungi.id

● Login dengan akun yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan dengan klik Buat Akun Peduli Lindungi, dan masukkan data yang diminta.

● Jika sudah memiliki akun, isi kolom login dengan nomor ponsel atau email yang digunakan saat mendaftar. 

● Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel untuk keamanan.

● Masukkan nomor yang telah didaftarkan untuk melengkapi proses login.

● Masukkan data pribadi berupa nama lengkap, NIK, atau nomor paspor, tanggal lahir, tanggal vaksinasi, dan jenis vaksin yang diterima. Klik tombol “Periksa” untuk menampilkan hasilnya.


2. Aplikasi

● Unduh aplikasi Pedulilindungi di Google Play Store atau App Store melalui ponsel Anda.

● Login dengan akun yang Anda miliki. Jika belum memiliki akun, daftarkan dengan nomor ponsel atau e-mail.

● Setelah memiliki akun, login ke aplikasi Pedulilindungi dengan menggunakan nomor ponsel atau e-mail yang terdaftar. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

● Untuk cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, klik menu “Akun” di bagian atas halaman aplikasi.

● Pilih menu “Sertifikat Vaksin”, kemudian akan ditampilkan nama lengkap pengguna yang terdaftar.

● Klik nama itu, lalu akan muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua, serta tanggal dan lokasi vaksin.

Cara Melakukan Pengaduan Pedulilindungi

Salah satu cara untuk melaporkan pengaduan Anda adalah menghubungi call center di nomor 119. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk pilihan nomor extension atau ext yang dibutuhkan. Pilih nomor extension yang Anda perlukan. Setelah tersambung, Anda bisa melaporkan pengaduan Anda terkait sertifikat vaksin dan menanyakan solusinya. Jika call center 119 yang Anda hubungi sedang sibuk, sebaiknya jangan tutup telepon dan tunggu hingga lima menit. Jika Anda dialihkan ke nomor extension, maka pilih angka dan tunggu hingga tersambung dengan operatornya.

Jika belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara lainnya. Salah satunya, melalui email bantuan yang disediakan oleh pemerintah. Caranya, tuliskan data pribadi Anda, yang meliputi nama lengkap, NIK, nomor ponsel, dan lainnya, serta tuliskan laporan pengaduan Anda dengan lengkap dan jelas. Setelah itu, kirimkan ke alamat sertifikat@pedulilindungi.id beserta dengan kelengkapan berkas lainnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout