Blog

Berbagai Obat Batuk Alami untuk Anak

Berbagai Obat Batuk Alami untuk Anak

Batuk merupakan kondisi kesehatan yang umum dialami semua orang, termasuk anak-anak. Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari zat asing. Namun, jika batuk tidak kunjung sembuh, Anda bisa menggunakan berbagai obat batuk alami untuk anak.

Batuk yang tidak sembuh bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan tertentu, seperti infeksi bakteri atau virus dan alergi. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan memberikan obat batuk kepada anak. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat batuk alami untuk anak berikut.

Obat Batuk Alami untuk Anak

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk pada anak:

1. Madu

Salah satu pilihan obat batuk alami untuk anak adalah madu. Madu bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat secara efektif. Caranya, campurkan beberapa tetes madu, air hangat, dan lemon. Setelah itu, berikan kepada anak untuk meredakan batuknya.

2. Jahe

Jahe berperan sebagai anti-inflamasi yang berfungsi untuk melonggarkan selaput pada saluran udara, sehingga dapat mengatasi batuk. Selain itu, bahan alami ini dapat mengurangi rasa nyeri. Caranya, siapkan 20 gram jahe, kemudian iris tipis, lalu rebus hingga keluar isinya, tuangkan dalam gelas. Setelah itu, berikan pada anak. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan sedikit susu atau madu.

3. Cairan

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi merupakan salah satu penyebab batuk pada anak. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi agar anak tetap terhidrasi. Cairan berfungsi untuk mengencerkan lendir pada tenggorokan, sehingga bisa meredakan batuk. Beberapa cairan yang bisa Anda berikan untuk mengatasi batuk dan melegakan tenggorokan anak adalah air putih hangat, air teh hangat, atau kaldu ayam.

4. Air garam

Obat batuk alami untuk anak lainnya adalah berkumur air garam. Air garam bermanfaat untuk membantu meringankan tenggorokan gatal yang menyebabkan batuk. Caranya, siapkan 1/2 sendok teh garam dan air putih, lalu campurkan. Setelah itu, gunakan sebagai obat kumur. 

Perlu diingat, cara ini tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 6 tahun, karena anak usia tersebut biasanya belum bisa berkumur. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan cara lain yang lebih aman.

Cara Mencegah Batuk pada Anak

Ada beberapa cara mencegah batuk pada anak yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh anak tercukupi.
  • Jauhkan anak dari orang yang sedang sakit. Jika Anda sakit, sebaiknya pakai masker atau hindari kontak langsung dengan anak.
  • Pastikan area di rumah atau sekolah bersih, terutama barang-barang atau mainan anak.
  • Sebaiknya tutup mulut dan hidung jika Anda bersin atau batuk.
  • Mencuci tangan secara rutin, terutama setelah buang air kecil, sebelum dan setelah makan, setelah batuk, atau ketika sakit.
  • Jika batuk pada anak dipicu oleh alergi, sebaiknya pastikan penyebab alergi tersebut. Jika penyebab alergi sudah dipastikan, jauhkan anak dari alergen tersebut, misalnya bulu binatang, serbuk sari, serangga, tungau debu, dan serangga.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara mengobati batuk pada anak secara alami, namun batuk anak tidak kunjung sembuh, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout