Blog

kalori pisang

Berapa Kalori Pisang? Ini Jawabannya

Pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat diet. Namun, saat menjalani program diet, Anda perlu menghitung kalori yang dibutuhkan sebelum mengonsumsi pisang. Berapa kalori pisang yang baik untuk diet?

Pisang mengandung beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan. Namun, Anda juga perlu mengetahui jumlah kalori pisang. Beda penyajian, beda pula kalori yang dimiliki pisang. Lalu, berapa kalori pisang? Simak penjelasan berikut.

Kandungan Gizi Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi, antara lain vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, serta berbagai antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Dikutip dari Fat Secret Indonesia, pisang ukuran sedang dengan panjang 18-20 cm mengandung gizi, seperti:

  • Energi: 105 kkal.
  • Lemak: 0,39 gr.
  • Protein: 1,29 gr.
  • Karbohidrat: 26,95 gr.
  • Serat: 3,1 gr.
  • Gula: 14,43 gr.
  • Sodium: 1 mg.
  • Kalium: 422 mg.

Rincian kandungan gizi pisang tersebut menyediakan kebutuhan harian 3% lemak, 4% protein, serta 93% karbohidrat. Pisang juga tinggi karbohidrat, sehingga sering dijadikan pengganti nasi bagi anak yang susah makan.

Kalori Pisang Berdasarkan Jenisnya

Dikutip dari Penn Medicine, kalori pisang berukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori, dengan gula alami buah-buahan, serta 3 gram serat. Berdasarkan jenisnya, berikut penjelasan kalori pisang yang perlu Anda ketahui:

1. Kalori pisang goreng

Secara signifikan, makanan yang digoreng umumnya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi. Biasanya, makanan yang digoreng akan dilapisi dengan adonan atau tepung racikan. Pisang goreng merupakan salah satu camilan yang banyak disukai hampir setiap orang. Dengan rasa yang renyah dan manis, tidak jarang membuat banyak orang lahap memakannya. Namun, berapa kalori pisang goreng?

Dikutip dari Nutrionix, kalori pisang goreng sekitar 378 kalori. Normalnya, kalori pisang adalah sekitar 105 kalori. Ada peningkatan 2 kali lipat kalori pisang akibat cara pengolahannya, yaitu digoreng. Untuk membakar lemak kalori pisang goreng, Anda perlu berolahraga, seperti berjalan (102 menit), berlari (35 menit), dan bersepeda (52 menit).

2. Kalori pisang rebus

Selain digoreng, pisang juga sering diolah dengan cara direbus. Beragam cara pengolahan pisang telah terbukti menjadi sumber yang baik untuk vitamin A, vitamin C, kalsium, dan seng. Kalori dalam satu pisang rebus hampir sama dengan kalori pisang pada umumnya, yaitu sekitar 110 kalori. Beberapa studi menunjukkan efek merebus pisang memengaruhi nilai gizi di dalamnya. Penelitian menemukan bahwa merebus pisang dapat menghilangkan vitamin A, di mana vitamin A tersebut bekerja untuk fungsi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata.

3. Kalori pisang ambon

Pisang ambon sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tidak kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang ambon juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Pisang ambon cukup mudah ditemukan, mulai dari pasar tradisional, kios buah, hingga supermarket. Selain murah dan rasanya lezat, pisang ambon juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dikutip dari Fat Secret Indonesia, kalori pisang Ambon, yaitu sekitar 97 kalori dalam 100ml (100 g). Pisang Ambon mengandung nutrisi penting multivitamin yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kalori pisang Ambon juga mengandung mineral yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout