Berapa Kalori Bubur Ayam? Ini penjelasannya

Berapa kalori bubur ayam? Simak penjelasan berikut.

Berapa Kalori Bubur Ayam? Ini penjelasannya

Sarapan merupakan waktu yang penting, karena tubuh tidak mengonsumsi apa pun setelah makan malam. Salah satu menu sarapan favorit banyak orang adalah bubur ayam. Berapa kalori bubur ayam?

Tidak hanya lezat, bubur ayam juga mengandung banyak serat dan mikronutrien, sehingga baik untuk kesehatan. Kalori bubur ayam juga dibutuhkan untuk memberikan energi agar bisa beraktivitas dengan optimal. Berapa kalori bubur ayam? Simak penjelasan berikut.

Kalori Bubur Ayam

Dalam dunia nutrisi, istilah kalori mengacu pada satuan kilokalori atau kkal. 

Semangkuk bubur ayam tanpa topping atau sekitar 240 gram memiliki kandungan berikut:

  • 372 kkal.
  • 27,56 gram protein.
  • 12,39 gram lemak.
  • 36,12 gram karbohidrat.

Jika bubur ayam ditambahkan sate usus, setiap 100 gram sate usus tersebut akan memberikan tambahan:

  • 94 kkal.
  • 2,06 gram lemak.
  • 17,66 protein.

Sedangkan, jika ditambahkan sate ampela, setiap 100 gram sate ampela tersebut akan memberikan tambahan:

  • 145 kkal.
  • 2,66 gram lemak.
  • 30,14 gram protein.

Setiap 100 gram emping melinjo sebagai pelengkap yang membuat santapan bubur ayam semakin komplit, akan memberikan tambahan:

  • 350 kkal.
  • 1,49 gram lemak.
  • 69,79 gram karbohidrat.
  • 12,11 gram protein.

Jadi, jika Anda memesan bubur ayam tanpa bermacam topping, jumlah kalorinya sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan aktivitas di pagi hari, yaitu sekitar 372 kkal per porsi. Namun, jika Anda memesan porsi lebih komplit dengan banyak topping, jumlah kalori tentunya akan meningkat. Semakin banyak jenis topping dan semakin besar porsi topping, semakin banyak pula kalori yang Anda makan. Meskipun bubur ayam termasuk sehat untuk sarapan, namun tetap perhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Anda juga perlu menghindari menambahkan penyedap rasa terlalu banyak. Selain itu, pilih dada ayam tanpa kulit. Tidak ada salahnya menambahkan merica dan jahe, dan yang terpenting gunakan minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak wijen.

Manfaat Bubur Ayam untuk Kesehatan

Mengonsumsi bubur ayam dengan pelengkap yang sehat lainnya, bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat bubur ayam untuk kesehatan:

  1. Kaya akan nutrisi

Bubur ayam mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, makanan ini juga tinggi zat besi, yaitu mineral yang mendukung metabolisme tubuh dan memberi nutrisi pada sel darah merah. Bubur ayam juga mengandung vitamin B kompleks yang tinggi, sehingga tubuh lebih berenergi setelah mengonsumsinya.

2. Kebutuhan serat terpenuhi

Salah satu kandungan nutrisi yang tinggi dalam bubur ayam adalah serat. Serat dapat membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah sembelit agar pencernaan tetap terjaga. Serat larut dalam bubur ayam juga mengikat kolesterol untuk mengeluarkannya dari tubuh, sehingga kadar kolesterol darah dapat dikontrol.

3. Baik untuk diet

Bubur ayam merupakan salah satu menu makanan yang dianjurkan jika Anda sedang diet. Hal ini dikarenakan bubur ayam bisa menyerap rasa dari bahan makanan lain yang Anda campurkan, sehingga kombinasi makanan diet bisa lebih bervariasi. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menambahkan terlalu banyak topping, terutama topping yang berkalori tinggi.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Ketika seseorang sedang pilek atau kurang badan, bubur ayam merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi. Bubur ayam hangat dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh. Rebusan daging ayam mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan mengenai kalori dan nutrisi bubur ayam. Konsumsi bubur ayam dalam porsi dan jumlah yang tepat agar bermanfaat untuk kesehatan. Namun, hindari konsumsi bubur ayam secara berlebihan, agar kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda juga tidak terlalu banyak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout