Blog

obat tradisional asam urat

Beragam Obat Tradisional Asam Urat: Kopi Hingga Seledri

Pernahkah sendi Anda terasa nyeri? Gejala ini bisa menandakan asam urat. Asam urat adalah peradangan yang memicu nyeri, pembengkakan, dan rasa panas di sendi. Selain penanganan dari dokter, obat tradisional asam urat bisa menjadi pilihan untuk mengurangi gejala penyakit ini.

Obat tradisional asam urat tidak menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, namun hanya untuk melengkapi pengobatan. Berikut beragam obat tradisional asam urat yang bisa ditemukan di rumah.

Penyebab Asam Urat

Ada beragam faktor pemicu kadar asam urat tinggi, misalnya penggunaan obat-obatan jangka panjang, gangguan metabolisme, mengidap penyakit tertentu, misalnya penyakit ginjal dan penyakit tiroid, dan konsumsi makanan tinggi purin berlebihan, misalnya daging merah, jeroan, dan makanan laut.

Rekomendasi Obat Tradisional Asam Urat untuk Mengurangi Gejala

Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun asam urat bisa dikontrol, misalnya dengan penggunaan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan mencegah risiko kekambuhan gejala, misalnya antiinflamasi non steroid (OAINS) dan colchicine. Ada beberapa jenis obat lain yang diresepkan oleh dokter untuk menurunkan kadar asam urat tinggi, misalnya allopurinol, probenecid, dan rasburicase. Pengidap asam urat juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, misalnya rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, beragam obat tradisional asam urat bisa digunakan untuk meringankan gejala, yaitu:

1. Kopi

Selain efektif mencegah kantuk dan menambah energi, kopi ternyata dapat digunakan untuk mengobati asam urat secara alami. Kandungan kafein, mineral, dan polifenol di kopi berfungsi untuk mengoptimalkan metabolisme purin dan mempercepat proses pembuangan asam urat melalui urine, sehingga efektif mencegah asam urat mengendap yang menimbulkan peradangan di sendi dan tulang. Meski demikian, kopi tidak dianjurkan untuk pengidap GERD dan maag, karena memicu asam lambung naik dan memperparah gejala asam lambung.

2. Buah dan sayuran tinggi vitamin C

Buah dan sayuran tinggi vitamin C adalah obat tradisional asam urat yang bisa Anda coba. Penelitian membuktikan bahwa buah-buahan dan sayuran tinggi vitamin C ampuh menurunkan kadar asam urat tinggi. Buah-buahan yang direkomendasikan untuk mengobati asam urat adalah jeruk, kiwi, jambu, mangga, semangka, pepaya, dan tomat. Sedangkan, sayuran yang direkomendasikan adalah bayam, brokoli, kembang kol, cabai, paprika, dan kentang.

3. Jahe

Siapa yang tidak mengenal khasiat jahe untuk menyembuhkan penyakit? Ya, jahe adalah obat herbal beragam penyakit, termasuk asam urat. Jahe bersifat antiradang yang efektif mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan akibat asam urat. Caranya, parut jahe, campurkan secukupnya ke air hangat, lalu rendam kain atau handuk ke air campuran tersebut. Setelah itu, kompres area yang asam urat dengan menggunakan kain atau handuk yang sudah direndam selama 30 menit. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi teh jahe sebanyak 3 gelas per hari untuk manfaat yang optimal.

Itulah beragam obat tradisional asam urat yang mudah ditemukan di rumah. Jika gejala asam urat tidak mereda setelah menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dididagnosis penyebabnya, dan diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout