Beragam Obat Demam Batuk Pilek Anak yang ampuh

obat demam batuk pilek anak

Beragam Obat Demam Batuk Pilek Anak yang ampuh

Demam batuk pilek adalah kondisi yang umum dialami, termasuk anak-anak. Meski sembuh dengan sendirinya, namun kondisi ini dapat mengganggu aktivitasnya. Untuk mengatasinya, ada beragam obat demam batuk pilek anak yang mudah diterapkan di rumah.

Infeksi virus atau bakteri adalah penyebab umum demam batuk pilek pada anak. Untuk menyembuhkannya, tidak harus selalu dengan obat-obatan. Beragam obat demam batuk pilek anak alami dapat menjadi pilihan yang aman dan efektif. Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Obat Demam Batuk Pilek Anak Alami

Berikut beberapa obat demam batuk pilek anak alami yang dapat diberikan untuk mengurangi gejalanya:

1. Jahe

Siapa yang tidak mengenal manfaat jahe untuk kesehatan? Bahan alami ini sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit. Sifat antibakteri jamur ampuh menyembuhkan batuk kering dan batuk akibat asma dan melegakan pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan jahe yang sudah diiris dan air panas selama beberapa menit, lalu minum campuran tersebut. Lakukan berulang untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Madu

Madu adalah obat demam batuk pilek anak yang efektif lainnya. Untuk mendapatkan manfaatnya, berikan satu sendok teh madu kepada anak atau campurkan madu dengan lemon atau wedang jahe untuk efek yang optimal. Meski demikian, pemberian madu tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah satu tahun, karena berisiko botulisme, yaitu keracunan yang membahayakan nyawa.

3. Kencur

Penelitian menemukan bahwa sifat ekspektoran pada kencur bubuk ampuh mengurangi demam batuk pilek anak. Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus kencur dan air, lalu minum air rebusan tersebut. Anda bisa menyaring air rebusan kencur terlebih dahulu agar mudah dicerna anak. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini secara rutin.

4. Makanan atau minuman hangat

Makanan dan minuman hangat bisa menjadi obat demam batuk pilek anak yang efektif. Selain ampuh mengencerkan lendir di tenggorokan, makanan dan minuman hangat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan adalah sup ayam, sup wortel, teh hijau, air hangat, jus buah hangat, atau perasan lemon. Namun, batasi pemberian minuman berkafein, misalnya teh, untuk mencegah anak sering buang air kecil.

5. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang tidak boleh dilewatkan untuk mengobati demam batuk pilek anak. Kandungan curcumin pada kunyit bersifat antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang ampuh menyembuhkan gejala batuk kering. Berikan susu kunyit kepada anak atau campurkan kunyit dengan madu, garam, dan lada hitam, untuk efek yang optimal.

6. Larutan garam

Penggunaan larutan dan semprotan garam juga bisa dicoba untuk menyembuhkan demam batuk pilek anak. Cara ini ampuh mengencerkan lendir yang menghambat pernapasan. Jika anak tidak suka disemprotkan garam ke hidung, minta anak untuk berkumur dengan larutan garam.

Jika Anda sudah menerapkan obat demam batuk pilek alami anak di atas, namun demam batuk pilek anak tidak sembuh lebih dari 10 hari atau disertai keluhan lain, misalnya ingus dan dahaknya berwarna hijau, tidak nafsu makan, dan sulit bernapas, segera bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout