Beragam Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

cara memutihkan gigi kuning yang membandel

Beragam Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Senyum yang indah dengan gigi yang putih adalah impian semua orang. Namun, gigi kuning menjadi keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Ketahui lebih lanjut mengenai cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara efektif.

Gigi kuning disebabkan oleh beragam faktor, misalnya usia, kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, dan tidak merawat gigi dengan baik. Untuk mengatasi gigi kuning, berikut beragam cara memutihkan gigi kuning yang membandel.

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Cepat

Ada beragam cara memutihkan gigi kuning membandel yang bisa dilakukan di rumah, yaitu:

1. Menyikat gigi 

Menyikat gigi secara teratur, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman pemicu gigi kuning adalah cara memutihkan gigi kuning yang efektif. Setelah itu, pastikan sisa makanan di sela-sela gigi dibersihkan dengan benang gigi atau dental floss. Agar hasilnya optimal, berkumurlah dengan mouthwash.

2. Bahan alami untuk memutihkan gigi

Bahan-bahan alami yang ada di rumah ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi, misalnya baking soda. Bahan untuk membuat kue ini ampuh mengurangi bakteri dan plak di gigi, serta memutihkan gigi secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan baking soda sebagai pasta gigi dan gunakan setidaknya 2 minggu sekali.

3. Perawatan ke dokter gigi

Jika cara-cara alami tidak berhasil memutihkan gigi kuning, dokter gigi adalah pilihan yang tepat. Dokter akan melakukan perawatan yang bisa memutihkan gigi dengan cepat, misalnya bleaching gigi, yang lebih memuaskan dibandingkan perawatan di rumah.

Cara Mencegah Gigi Kuning

Untuk mencegah terbentuknya noda di gigi yang menyebabkan gigi kuning, berikut beragam cara yang bisa dilakukan:

  • Mengonsumsi minuman pemicu gigi kuning, misalnya kopi, es teh, atau minuman bersoda, dengan sedotan.
  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memicu noda di gigi.
  • Minum air putih setelah makan atau minum.
  • Berkumur setelah makan.
  • Minum susu setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam.
  • Mengunyah permen karet tanpa gula.
  • Menyikat gigi atau flossing setelah makan.

Penyebab Gigi kuning

Berikut beberapa faktor yang memicu perubahan warna gigi, termasuk gigi kuning:

  • Wine. Kandungan kromogen pada wine bisa meningkatkan risiko gigi kuning. Selain itu, kandungan tanin di dalamnya bisa menimbulkan noda pada gigi.
  • Minuman bersoda. Sifat asam dan kandungan kromogen pada minuman bersoda memicu gigi kuning, terutama jika dikonsumsi berlebihan.
  • Kopi dan teh hitam. Kandungan kromogen yang tinggi pada kopi dan teh hitam berisiko menutupi warna putih pada enamel gigi. Selain itu, kandungan asam dan tanin yang tinggi pada kopi bisa memengaruhi warna gigi.
  • Permen. Pewarna buatan di permen berwarna gelap memicu noda pada gigi, terutama jika dikonsumsi berlebihan.
  • Buah berwarna pekat. Buah-buahan berwarna pekat, misalnya anggur, delima, blueberry, cranberry, dan blackberry, berisiko meninggalkan noda di gigi dan memicu gigi kuning.
  • Tembakau. Kebiasaan merokok meningkatkan risiko gigi kuning.

Untuk memutihkan gigi dengan cepat, Anda perlu menghindari faktor-faktor pemicu yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, Anda perlu merawat gigi dengan baik dan periksa ke dokter gigi agar gigi putih dan sehat bisa terwujud.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout