Blog

Atasi Kendala Vaksinasi dengan Cek NIK Pedulilindungi

Atasi Kendala Vaksinasi dengan Cek NIK Pedulilindungi

Mengetahui cara cek NIK Pedulilindungi penting untuk diketahui oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan jika NIK Anda salah, maka data di sertifikat vaksin juga tidak akan sesuai atau bahkan sertifikat vaksin tidak akan muncul. Saat ini, Pedulilindungi adalah platform yang penting untuk dimiliki oleh masyarakat untuk mencegah penyebaran virus COVID-19

Selain itu, pemerintah juga semakin menggencarkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk scan QR Code sebelum masuk ke berbagai tempat umum dan transportasi publik. Sebelum QR Code, Anda juga perlu mengetahui cara cek sertifikat vaksin dan NIK di Pedulilindungi. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut.

Cara Mudah Cek NIK Pedulilindungi

Dengan mengetahui cara cek NIK dan sertifikat vaksin di Pedulilindungi, Anda dapat terhindar dari masalah sebelum masuk ke tempat-tempat umum. Berikut panduan cara cek NIK di Pedulilindungi melalui situs web dan aplikasi.

  1. Cek NIK Melalui Aplikasi

● Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, registrasi atau login dengan nomor ponsel Anda. Masuk ke menu utama, klik ‘Akun’ yang ada di pojok kanan atas.

● Selanjutnya, klik ikon pensil di sebelah nama Anda. Anda akan melihat tampilan data diri dan NIK. Kemudian, cek apakah NIK Anda sudah sesuai dengan yang tertera di KTP. Jika Anda sudah melakukan vaksinasi, pastikan untuk cek NIK yang ada di sertifikat vaksin. Klik ‘Akun’ dan pilih ‘Sertifikat Vaksin’.

● Selanjutnya, klik nama Anda. Masukkan NIK untuk melihatnya. Kemudian, Anda akan melihat tampilan sertifikat vaksin. Setelah itu, klik sertifikat vaksin dan cek NIK yang tertera. Pastikan NIK dan nomor KTP sudah sesuai.

  1. Cek NIK Melalui Situs Web

● Buka website www.Pedulilindungi.id di browser. Masuk atau registrasi akun dengan nomor ponsel Anda.

● Setelah berhasil masuk, klik nama Anda di pojok kanan atas. Kemudian, pilih ‘Akun Saya’ untuk cek NIK.

● Kemudian, akan terlihat tampilan data diri Anda. Pastikan NIK yang tertera di situs web Pedulilindungi sesuai dengan KTP Anda.

● Jika Anda sudah melakukan vaksinasi, pastikan untuk memeriksa NIK yang tertera di sertifikat vaksin. Klik tab ‘Sertifikat Vaksin’ yang ada di sebelah kanan, lalu klik nama Anda dan masukkan NIK Anda.

● Setelah itu, akan terlihat tampilan sertifikat vaksin yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Klik sertifikat tersebut dan cek NIK yang tertera apakah sudah benar atau belum.

Cara Mengatasi Kesalahan NIK

Ada beberapa laporan yang masuk dari warga jika data yang tertera di sertifikat vaksin salah. Selain itu, ada juga beberapa orang yang melaporkan jika mereka belum mendapatkan sertifikat vaksin, meski sudah melakukan vaksinasi.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 ext 9 agar data Anda bisa segera diperbaiki. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pengaduan melalui e-mail di sertifikat@pedulilindungi.id. Tulis keluhan Anda secara detail beserta data diri lengkap. Berikut beberapa data diri yang wajib Anda sertakan saat mengirimkan pengaduan melalui e-mail:

● Nama lengkap

● NIK/KTP

● Tempat dan tanggal lahir

● Nomor ponsel

● Isi keluhan

● Foto selfie dengan KTP, serta kartu vaksinasi untuk diproses lebih lanjut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout