Apa itu Red Flag? Ketahui Tanda-Tandanya

Apa itu red flag_ ketahui tanda-tandanya

Apa itu Red Flag? Ketahui Tanda-Tandanya

Red flag adalah istilah yang menggambarkan perilaku seseorang yang bisa menandakan ketidakmampuannya untuk membangun hubungan yang sehat. Mengenali tanda-tanda red flag penting agar terhindar dari hubungan yang tidak sehat.

Ketika Anda menyadari perilaku atau kebiasaan red flag pada seseorang, jangan anggap enteng. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki sifat red flag dapat memengaruhi kesehatan mental dan emosional Anda. Lalu, apa saja tanda-tanda red flag? Berikut informasi selengkapnya.

Tanda-Tanda Red Flag

Mulai dari ucapan hingga kebiasaan, berikut tanda-tanda red flag yang perlu diantisipasi:

  1. Komunikasi yang buruk

Komunikasi yang baik adalah fondasi yang penting dalam hubungan. Komunikasi yang baik dapat mengurangi kesalahpahaman dan memungkinkan Anda dan pasangan untuk mengatasi konflik. Sedangkan komunikasi yang buruk, misalnya mendiamkan pasangan ketika marah, justru bisa menciptakan konflik dan kesalahpahaman.

2. Hubungan tanpa status

Hubungan tanpa status adalah situasi ketika Anda dan pasangan sudah berhubungan dalam waktu yang lama, namun tidak ada status hubungan yang jelas. Hubungan tanpa komitmen dapat menjadi cara pasangan membenarkan diri ketika menjalin hubungan baru dengan orang lain di masa depan.

3. Pasangan yang dominan

Pasangan yang dominan ditandai dengan stalking media sosial atau membatasi aktivitas Anda dengan keluarga atau teman. Sifat dominan dalam hubungan dikaitkan dengan sifat posesif, yaitu keinginan untuk mengendalikan hidup Anda sepenuhnya. Padahal, hubungan yang sehat tidak membuat Anda kehilangan kendali atas diri sendiri.

4. Gaslighting 

Sikap manipulatif atau gaslighting juga bisa menjadi tanda sikap red flag yang perlu dihindari. Gaslighting adalah bentuk manipulasi emosional yang menyebabkan korbannya meragukan dirinya sendiri. Misalnya, mempertanyakan atau memutarbalikkan fakta.

5. Love bombing

Love bombing adalah cara menunjukkan kasih sayang melalui pemberian hadiah, perhatian, atau ucapan manis secara berlebihan atau untuk tujuan tertentu. 

Dikutip dari The Couples Center, meski terlihat romantis, love bombing adalah tanda red flag dalam hubungan. Love bombing tidak dilakukan atas dasar cinta, namun sebagai bentuk manipulasi agar pasangan menuruti keinginan pelaku.

6. Riwayat selingkuh

Tanda red flag lainnya adalah riwayat selingkuh dalam hubungan. Seiring berjalannya waktu, seseorang memang bisa berubah dan layak diberikan kesempatan kedua, tidak terkecuali orang yang memiliki riwayat selingkuh. Namun, Anda harus berhati-hati pada orang tersebut, terutama jika riwayat selingkuh diketahui dari orang lain, bukan dirinya sendiri.

Ketika Anda memutuskan untuk berhubungan dengan orang yang memiliki riwayat selingkuh, buat kesepakatan dengan pasangan untuk mencegah hal buruk terulang kembali.

7. Kekerasan fisik maupun verbal

Kekerasan verbal dan fisik adalah alasan yang kuat untuk mengakhiri suatu hubungan. Hal ini dikarenakan kekerasan verbal dan fisik dalam hubungan menandakan ketidakmampuan pasangan dalam mengendalikan emosi.

Selain itu, meski pasangan sudah meminta maaf, hindari memaklumi kekerasan verbal dan fisik dalam hubungan, karena tidak menutup kemungkinan kekerasan akan berulang. Memaklumi kekerasan verbal dan fisik dalam hubungan dapat berdampak negatif dalam jangka panjang, yaitu depresi atau trauma.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout