Apa Itu Bronkitis? Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya di Sini

bronkitis adalah

Apa Itu Bronkitis? Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya di Sini

Bronkitis adalah salah satu jenis penyakit yang umum dijumpai di Indonesia. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, penting untuk mengetahui penyebab, gejala, hingga pengobatannya apabila sudah mengidap penyakit tersebut. 

Bronkitis termasuk ke dalam penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dapat diserang oleh penyakit ini. Oleh karena itu, penting untuk bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit ini. 

Apa Itu Bronkitis? 

Dikutip dari buku Bunga Rampai Penyakit Sistem Pernapasan dan DIIT, Ns. Dewi Fitriani, S.Kep., M.Kep., dkk., (2024:35), bronkitis adalah penyakit akibat peradangan pada bronkus, yaitu saluran udara pada paru-paru. Penyakit ini umumnya merupakan penyakit ringan yang bisa disembuhkan seutuhnya. 

Secara umum, bronkitis terbagi menjadi dua jenis, yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut disebabkan oleh flu atau infeksi lain yang terjadi pada saluran pernapasan. Bronkitis jenis ini dapat membaik dalam beberapa hari atau beberapa pekan.

Sementara, bronkitis kronis merupakan iritasi atau radang tetap yang ada di saluran pernapasan dan harus ditangani secara serius. Umumnya, jenis bronkitis ini terjadi pada orang dewasa dan butuh waktu yang lama untuk bisa sembuh.

Orang yang mengidap bronkitis akan mengalami gangguan saluran pernapasan, yang bisa menimbulkan batuk terus-menerus. 

Orang yang rentan terkena bronkitis adalah anak-anak, lanjut usia, perokok, orang dengan daya tahan tubuh lemah, dan orang yang mengidap penyakit paru atau jantung. Namun, bronkitis tetap bisa menyerang siapa saja, sehingga penyebabnya tetap wajib dihindari.   

Penyebab Bronkitis  

Dikutip dari Buku Ajar Medikal Bedah, Putu Intan Daryaswanti, dkk., (2024:149) berikut adalah berbagai hal yang menyebabkan terjadinya bronkitis:

  1. Menghirup asap rokok, baik secara aktif maupun pasif. 
  2. Paparan zat-zat berbahaya, seperti: polusi udara, gas industri, asap rokok, dan debu. 
  3. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  4. Faktor genetik, terutama jika ada riwayat keluarga yang mengidap bronkitis.

Gejala Bronkitis 

Seperti penyakit lainnya, orang yang mengidap bronkitis akan mengalami beberapa gejala. Berdasarkan informasi dari buku SISTEM PERNAPASAN DAN DIIT, Ns. Dewi Fitriani, S.Kep., M.Kep., dkk., (2024:37), berikut adalah sejumlah gejala penyakit bronkitis yang patut diwaspadai:  

  1. Demam,
  2. Batuk,
  3. Wheezing,
  4. Mudah lelah,
  5. Sesak napas,
  6. Sakit Kepala,
  7. Muntah,
  8. Flu,
  9. Tidak enak badan atau pegal-pegal. 

Sementara, jika terkena bronkitis kronis maka terdapat gejala tambahan. Mulai dari sering mengalami infeksi saluran pernapasan yang disertai batuk, berlangsung selama lebih dari 2 hingga 3 minggu, serta sulit bernapas karena saluran pernapasan yang tersumbat. 

Apabila seseorang memiliki gejala seperti itu, maka lebih baik segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan diberi penanganan yang tepat, maka pasien akan lebih mudah dan cepat sembuh. 

Cara Mengatasi Bronkitis 

Umumnya, bronkitis dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, ada baiknya untuk tetap memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu agar tidak salah mengambil tindakan. 

Setelah memeriksa gejala bronkitis, dokter akan meresepkan obat yang mampu mengencerkan dahak dan membuat pernafasan jadi lebih lega. 

Selain dengan mengonsumsi obat, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah bronkitis, yakni: 

  1. Berhenti merokok.
  2. Hindari menghirup banyak polutan.
  3. Menggunakan masker ketika beraktivitas, khususnya di luar ruangan. 
  4. Berolahraga untuk memperkuat otot pernapasan dan kapasitas paru-paru, seperti: berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. 

Apabila bronkitis sudah cukup parah, maka dokter akan memberikan beberapa tindakan pengobatan. Mulai dari pemberian terapi antivirus, terapi antibiotik, fisioterapi, hingga pemberian nebulizer apabila diperlukan.

Bronkitis adalah penyakit yang dapat berpengaruh signifikan pada kesehatan pernapasan dan kualitas hidup. Oleh karena itu, memahami gejala bronkitis, penyebab, dan cara mengatasinya memungkinkan seseorang untuk melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout