Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini 5 Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini 5 Manfaat Daun Kelor

Daun Kelor atau yang disebut Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang sejak lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tidak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah, kanker, dan diabetes, dapat dicegah dengan menggunakan tanaman satu ini.

Daun kelor memiliki bentuk daun yang berukuran kecil dan dapat tumbuh di tanah yang tidak terlalu subur. Untuk mendapatkan manfaatnya, daun kelor biasanya diolah dalam bentuk teh herbal, jamu, hingga suplemen. Nah, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya? Berikut penjelasannya.

Tanaman Herbal Kaya Nutrisi

Sejak lama daun kelor digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tahukah Anda, dalam 2 gram daun kelor, terkandung 14 kalori dan beragam nutrisi lainnya, yaitu:

  1. 11 miligram vitamin C
  2. 1,8 – 2 gram karbohidrat
  3. 2 gram protein
  4. 0,8 miligram zat besi
  5. 600 IU vitamin A
  6. 8,8 miligram magnesium
  7. 70 miligram kalium
  8. 8,5 mikrogram folat
  9. 38 – 40 miligram kalsium

Selain nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung serat, vitamin B, fosfor, selenium, zinc, tembaga, polifenol, dan banyak antioksidan.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Sebagai tanaman herbal yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, manfaat daun kelor untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Berikut 5 di antaranya:

  1. Mengobati Peradangan

Saat Anda mengalami infeksi atau cedera, maka tubuh akan merespon dalam bentuk peradangan. Untuk mengatasi peradangan, Anda bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kandungan ekstrak dalam daun kelor dipercaya berkhasiat untuk mengurangi peradangan.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian menemukan bahwa asupan antioksidan yang cukup dapat mencegah risiko beberapa penyakit otak, seperti Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan dalam daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, serta meningkatkan memori.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi pengidap diabetes, daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin dan menurunkan kadar gula darah, sehingga baik untuk mencegah resistensi insulin. Namun, manfaat daun kelor untuk pengobatan diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor ternyata bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker pankreas, usus besar, dan payudara. Selain itu, daun kelor juga dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Penelitian menemukan bahwa ekstrak daun kelor berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit, Salmonella typhi penyebab tifus, dan Escherichia coli penyebab diare. Selain itu, daun kelor juga diketahui mampu melawan berbagai virus, salah satunya jenis virus herpes simplex (HSV).

Tidak hanya 5 manfaat kesehatan di atas, daun kelor juga dipercaya dapat mencegah gejala asma, mengurangi kolesterol, dan mengatasi disfungsi ereksi. Namun, untuk memastikan efektivitas manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi daun kelor, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah dampak negatif yang ditimbulkan. Perlu diingat, daun kelor belum terbukti aman untuk ibu hamil dan sebaiknya tidak dikonsumsi jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu. Hal ini untuk mencegah efek interaksi obat yang membahayakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout