Aman dan Mudah, Ini 6 Cara Mengobati Timbilen

cara mengobati timbilen

Aman dan Mudah, Ini 6 Cara Mengobati Timbilen

Sebagai salah satu organ tubuh yang vital, mata berperan penting dalam membantu penglihatan dunia. Dengan mata, Anda dapat melihat pemandangan, melihat bunga, melihat burung, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari gangguan mata, seperti timbilen atau bintitan. Namun, jika Anda mengalaminya, ada beberapa cara mengobati timbilen yang perlu Anda tahu.

Munculnya timbilen di mata dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dengan mengetahui beberapa cara mengobati timbilen, Anda dapat mengurangi gejalanya dan meredakan pembengkakan. Bagaimana penanganan timbilen yang dianjurkan? Berikut penjelasannya.

Cara Mengobati Timbilen

Timbilen terdiri dari beberapa jenis, tergantung penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dapat diberikan penanganan secara tepat. Namun, sebenarnya bagaimana cara mengobati timbilen yang tepat? Berikut beberapa di antaranya:

1. Kompres air hangat

Meski bukan dianggap sebagai cara mengobati timbilen, namun kompres air hangat dapat membantu proses penyembuhan gejala atau dapat mengurangi dampak yang lebih parah. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan kompres air hangat selama 15 menit sebanyak 4 kali sehari. Cara ini juga merupakan bentuk pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

2. Menggunakan antibiotik secara oral

Cara mengobati timbilen berikutnya adalah dengan mengonsumsi antibiotik. Anda bisa membeli antibiotik di apotek. Antibiotik berfungsi untuk mencegah Anda dari kuman penyakit yang lebih berbahaya. Hal ini dikarenakan ketika mata timbilen, maka kuman berarti berhasil menginfeksi bagian mata, sehingga dikhawatirkan kuman tersebut juga akan menginfeksi bagian tubuh lain. Pastikan juga Anda mewaspadai bahaya resistensi antibiotik, bahaya antibiotik untuk anak dan usia lanjut, serta efek samping antibiotik. Jangan lupa untuk meminta resep dokter, karena ada bahaya antibiotik tanpa resep dokter.

3. Menggunakan antibiotik tetes

Memberikan antibiotik jenis tetes mata atau salep juga bisa menjadi salah satu cara mengobati timbilen. Sebelum membelinya, sebaiknya tanyakan rekomendasi dari pihak apotek. Jenis obat ini biasanya gentamycin, polimyxin, neomycin, fucidic acid, dan masih banyak lagi. Sedangkan beberapa pilihan yang bisa digunakan adalah obat tetes atau salep krim untuk bagian luar mata.

4. Tidak menggosok atau menyentuh bagian timbilen

Memastikan Anda tidak menggosok atau menyentuh bagian mata yang terkena timbilen juga bisa menjadi cara mengobati timbilen. Jika hal ini dilakukan, maka dapat memperparah kondisi peradangan yang terjadi. Selain itu, tangan yang digunakan untuk menggosok atau menyentuh akan menyebarkan lebih banyak kuman dan bakteri, sehingga dapat menginfeksi bagian yang sudah sakit.

5. Bawang putih

Cara mengobati timbilen lainnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Hal ini dikarenakan adanya kandungan, seperti minyak atsiri, alisin, alinin, alildisulfida, triglikosida, dan lainnya, yang efektif dapat menyembuhkan timbilen pada mata. Caranya, kupas bawang putih, lalu cuci bersih, kupas dan potong pada bagian ujungnya. Bagian yang dipotong tersebut dapat diaplikasikan di bagian mata yang timbilen. Pastikan untuk tidak mengenai mata. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini secara rutin setiap pagi dan sore hari.

6. Membersihkan mata dengan lembut

Membersihkan lokasi mata yang terinfeksi juga bisa membantu mengobati timbilen. Caranya dengan menggunakan air bersih dan sabun yang lembut. Lakukan dengan mata tertutup untuk mencegah iritasi. Selain itu, hindari penggunaan make up atau losion di sekitar mata untuk mencegah penyebaran infeksi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout