Blog

makanan untuk penderita diabetes

Aman dan Menyehatkan, Ini Makanan untuk Penderita Diabetes

Untuk menjaga kondisi kesehatannya, penderita diabetes dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Penderita diabetes memerlukan makanan sehat dan bergizi, sehingga dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Ada banyak jenis makanan untuk penderita diabetes yang bisa Anda konsumsi.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes akan menjauhkan penderitanyan dari peningkatan kadar gula darah yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan saraf, kelelahan, rentan akan infeksi dan luka, serta kehilangan kesadaran. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Selain pengobatan, penderita diabetes juga dianjurkan untuk memiliki pola makan khusus. Pola makan tersebut terdiri dari makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori, sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes:

  1. Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli. Untuk mendapatkan khasiatnya dengan lebih efektif, sebaiknya diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah.
  2. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal, ubi panggang, serta sereal.
  3. Buah-buahan segar. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dalam bentuk jus tanpa tambahan gula.
  4. Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit
  5. Telur, yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap
  6. Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, ditumis, atau dimasak untuk sup
  7. Produk olahan susu rendah lemak, seperti yoghurt
  8. Berbagai jenis ikan, seperti salmon, tuna, sarden dan makerel, namun hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti ikan tongkol

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Bagi masyarakat Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang wajib dikonsumsi. Namun, bagi penderita diabetes, nasi putih adalah makanan yang perlu dihindari. Hal ini dikarenakan nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Selain nasi putih, berikut beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar kadar gula dalam darah tetap terjaga:

  1. Makanan yang terbuat dari tepung terigu
  2. Roti tawar putih
  3. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, mentega, keju, dan saus dalam jumlah banyak
  4. Daging berlemak dan kulit ayam
  5. Buah-buahan kaleng yang tinggi gula
  6. Sayuran kaleng yang tinggi kandungan garam
  7. Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng,dan kentang goreng
  8. Produk susu tinggi lemak
  9. Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, seperti soda, sirop, dan kue

Untuk memastikan kesehatan dan keamanan makanan untuk penderita diabetes, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Hal ini bertujuan agar bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan dapat dikontrol dengan baik. Selain berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, penderita diabetes juga dianjurkan untuk rutin mengecek kadar gula dalam darah, setidaknya 3 bulan sekali, serta menerapkan pola hidup sehat.

Dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga secara teratur, serta pengobatan yang tepat, maka kadar gula darah bisa lebih mudah terkontrol. Hal ini akan menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit diabetes yang membahayakan. Jika Anda memerlukan saran mengenai menu atau porsi makanan untuk penderita diabetes, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout