Ada Berapa Katup pada Jantung Manusia? Ini Penjelasannya

fungsi katup pada jantung manusia

Ada Berapa Katup pada Jantung Manusia? Ini Penjelasannya

Jantung adalah organ penting yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jantung dibagi menjadi empat ruang yang dilindungi oleh otot dan setiap ruang jantung dilengkapi dengan katup, yaitu pintu untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ada berapa katup pada jantung manusia?

Katup jantung memastikan agar darah dialirkan dengan optimal ke seluruh tubuh. Jika katup jantung tidak berfungsi, aliran darah di jantung akan terhambat dan beban jantung menjadi lebih berat. Lalu, ada berapa katup pada jantung dan apa saja fungsinya? Berikut informasi selengkapnya.

Kenali Katup pada Jantung dan Fungsinya

Ketika darah dialirkan oleh jantung, katup jantung bekerja dengan cara menjaga aliran darah berjalan dengan optimal dan mengeluarkan suara yang disebut detak jantung. Ada empat katup jantung, yaitu katup mitral, katup aorta, katup trikuspid, dan katup pulmonal. Berikut penjelasannya:

  • Katup mitral.

Katup yang berada di tengah-tengah bilik kiri dan serambi kiri ini berfungsi untuk mengalirkan darah dari paru-paru ke serambi kiri. Katup ini juga dapat mencegah aliran darah mundur dari bilik kiri ke serambi kiri.

  • Katup aorta.

Katup aorta berada di tengah-tengah aorta dan bilik kiri. Katup ini berfungsi untuk mengedarkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh dan mencegah aliran darah mundur dari aorta ke bilik kiri.

  • Katup trikuspid.

Katup ini berada di antara bilik kanan dan serambi kanan. Katup trikuspid berfungsi untuk mengalirkan darah dari serambi kanan ke bilik kanan dan mencegah aliran darah mundur dari bilik kanan ke serambi kanan.

  • Katup pulmonal.

Katup pulmonal berada di tengah-tengah bilik kanan dan arteri pulmonalis. Katup ini berfungsi untuk mengalirkan darah dari bilik kanan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Ketika berada di paru-paru, darah akan mengeluarkan karbondioksida dan menerima oksigen. Selain itu, katup ini berfungsi untuk mencegah aliran darah mundur dari arteri pulmonalis ke bilik kanan.

Cara Menjaga Kesehatan Katup Jantung

Katup jantung perlu dijaga kesehatannya dengan baik agar aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh berjalan dengan optimal. Berikut beragam cara menjaga kesehatan katup jantung yang perlu diterapkan:

  • Berolahraga atau beraktivitas fisik secara teratur, setidaknya 30 menit per hari.
  • Menerapkan pola makan sehat, misalnya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, makanan tinggi garam, dan gorengan.
  • Tidak merokok.
  • Menjalani pengobatan penyakit infeksi yang diberikan oleh dokter, terutama infeksi streptokokus yang memicu gangguan di katup jantung.
  • Memastikan kesehatan gigi dan gusi terjaga.
  • Konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  • Periksa kesehatan ke dokter secara berkala, terutama jika Anda mengidap hipertensi, diabetes, atau kolesterol tinggi.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan di katup jantung berisiko komplikasi yang membahayakan nyawa, yaitu serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung. Oleh karena itu, segera ke dokter jika Anda mengalami gejala penyakit katup jantung, misalnya ketidakteraturan detak jantung, nyeri dada, kelelahan, pembengkakan di kaki dan perut, sulit bernapas, dan pusing. Dengan begitu, akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter yang meliputi ekokardiografi, elektrokardiogram, dan pemeriksaan fisik jantung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout