Acetaminophen adalah Pereda Demam, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Bagaimana cara kerja acetaminophen dan adakah efek sampingnya? Simak penjelasan berikut.

Acetaminophen adalah Pereda Demam, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Acetaminophen atau paracetamol adalah salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk menyembuhkan demam. Ketahui lebih lanjut mengenai manfaat, aturan pakai, dan efek samping acetaminophen.

Acetaminophen adalah golongan obat analgesik yang berfungsi untuk mengobati demam dan nyeri. Selain itu, obat ini juga dapat mengatasi sakit gigi, nyeri otot, dan nyeri haid. Bagaimana cara kerja acetaminophen dan adakah efek sampingnya? Simak penjelasan berikut.

Acetaminophen adalah Pereda Demam, Bagaimana Cara Kerjanya?

Hingga saat ini, para peneliti belum bisa membuktikan bagaimana cara kerja acetaminophen dalam meredakan demam dan rasa nyeri. Meski demikian, beberapa teori menduga bahwa acetaminophen bekerja dengan cara menghentikan senyawa kimia yang disebut sebagai prostaglandin pada otak.

Prostaglandin dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada tubuh, sedangkan acetaminophen berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan demam dengan cara memengaruhi sistem di otak. Caranya, acetaminophen memberi informasi kepada pusat panas di otak untuk mengurangi suhunya.

Aturan Pakai Acetaminophen

Mengetahui cara mengonsumsi acetaminophen yang tepat penting untuk mencegah efek samping. Berikut aturan pakai acetaminophen yang perlu Anda ketahui:

  • Acetaminophen memiliki beragam bentuk dan merek. Sebaiknya, ikuti aturan pakai yang tertera di label obat atau rekomendasi dokter.
  • Konsumsi acetaminophen sesuai dengan dosis yang tepat.
  • Sebaiknya konsumsi acetaminophen pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jika Anda melewatkan dosis, sebaiknya segera konsumsi obat jika waktunya tidak berdekatan dengan jadwal dosis berikutnya. Namun, jika waktunya sudah mendekati jadwal dosis berikutnya, sebaiknya dilewatkan saja. Menggandakan dosis justru akan berisiko pada kesehatan.
  • Jika Anda mengonsumsi acetaminophen dengan dosis berlebihan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Penggunaan acetaminophen tidak dianjurkan untuk anak yang mengalami demam lebih dari 3 hari, kecuali disarankan dokter. Orang dewasa juga tidak dianjurkan untuk menggunakan acetaminophen jika mengalami demam lebih dari 10 hari, kecuali direkomendasikan dokter.

Efek Samping Acetaminophen

Seperti obat-obatan lain, acetaminophen juga berisiko menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping acetaminophen yang perlu diwaspadai, yaitu: 

  • Mual.
  • Sakit kepala.
  • Gatal-gatal.
  • Sulit bernapas.
  • Terjadi pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan.

Timbulnya efek samping setelah menggunakan acetaminophen bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti mengonsumsi acetaminophen dengan dosis berlebihan, orang dengan kondisi medis tertentu, atau interaksi obat. 

Meski jarang, acetaminophen juga bisa memicu timbulnya reaksi alergi yang serius, seperti kemerahan pada kulit. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, segera hentikan konsumsi obat dan sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Selain itu, jika tidak dikonsumsi dengan dosis yang tepat, acetaminophen bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti rasa nyeri pada perut bagian kanan atas, penyakit kuning, atau hilang nafsu makan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera hentikan penggunaan obat dan periksakan diri ke dokter.

Acetaminophen memang dijual secara bebas, namun Anda perlu menggunakannya sesuai dengan petunjuk pemakaian di label obat atau rekomendasi dokter. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek yang optimal dan mencegah risiko terjadinya efek samping yang mungkin terjadi. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout