7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Melembapkan Kulit

manfaat lidah buaya

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Melembapkan Kulit

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan manusia untuk berbagai kebutuhan. Setidaknya ada tujuh manfaat lidah buaya yang bisa diperoleh untuk kesehatan dan kecantikan.   

Lidah buaya memiliki nama ilmiah, yaitu Aloe Vera L. atau Aloe Barbandensis, sesuai informasi dari buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2, H. Arief Hariana, (2008:104). Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman obat. 

Berbagai kandungan nutrisi terdapat dalam lidah buaya. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B12, mineral kalsium, magnesium, potasium, enzim amylase, catalase, carboxycellulose, hingga glycine.  

7 Manfaat Lidah Buaya yang Bisa Diperoleh Tubuh

Memiliki berbagai nutrisi, tidak heran jika lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang perlu diketahui. 

1. Mengurangi Jerawat di Wajah

Manfaat pertama dari lidah buaya adalah membantu mengurangi jerawat yang ada pada wajah. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang mampu mencegah bakteri berkembangbiak.  

Selain mengurangi jerawat, lidah buaya juga bisa membantu membersihkan kotoran dan mengurangi kelebihan minyak atau sebum pada permukaan kulit. Penggunaan yang teratur bisa membantu regenerasi kulit. 

2. Memudarkan Bekas Luka

Kandungan zat penyembuh pada lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka dan memudarkan bekas luka yang ada. Kandungan vitamin C juga bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Cara penggunaannya bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya yang segar pada bekas luka. Lalu diamkan selama 30 hingga 60 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Melembapkan Kulit

Lidah buaya memiliki kandungan mineral, enzim, hingga berbagai vitamin yang bisa membantu menjaga lapisan kulit. Kandungan tersebut juga bisa membuat kulit jadi lembap dengan pemakaian yang rutin.

Jadi, bagi yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu kulit jadi lebih lembap. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin untuk hasil yang terbaik.

4. Mengobati Luka Bakar

Jika mengalami luka bakar ringan, maka lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka tersebut. Kandungan zat, seperti antioksidan hingga antibakteri mampu membantu proses penyembuhan luka. 

Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki senyawa glukomanan yang bisa membantu terjadinya regenerasi sel dan terbentuknya kolagen. Jadi, proses penyembuhan luka akan lebih cepat. 

5. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Kandungan senyawa antioksidan dan vitamin C yang tinggi bisa ditemukan di lidah buaya. Kandungan tersebut bisa membantu mencegah kerusakan dan menjaga kesehatan kulit. 

Selain itu, antioksidan dapat membantu mengurangi tanda penuaan dini, seperti: kerutan, garis halus, dan bintik-bintik hitam. Ada juga kandungan senyawa asam yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati. 

6. Menyuburkan Rambut

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk membantu menyuburkan rambut. Kandungan berbagai vitamin yang ada bisa memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. 

Ada berbagai masalah rambut yang bisa diatasi dengan penggunaan lidah buaya secara rutin. Beberapa masalah tersebut di antaranya: kerontokan rambut, rambut kering, dan akar rambut yang lemah.  

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat berikutnya dari lidah buaya adalah bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pasalnya, lidah buaya memiliki sifat menenangkan, sehingga bisa mengatasi masalah iritasi usus besar.

Lidah buaya juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di saluran pencernaan. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mampu meningkatkan penyerapan nutrisi hingga meningkatkan keberlanjutan gerakan usus.  

Itulah berbagai manfaat lidah buaya yang menarik untuk diketahui. Aneka manfaat tersebut bisa dioptimalkan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout