Blog

Vitamin B berperan dalam pembentukan sel darah merah, memelihara fungsi organ otak, dan produksi energi. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin B:

7+ Buah yang Mengandung Vitamin B

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Buah-buahan merupakan sumber zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya mengandung vitamin C, buah-buahan juga mengandung vitamin B yang penting untuk tubuh. Apa saja buah yang mengandung vitamin B?

Vitamin B berperan dalam pembentukan sel darah merah, memelihara fungsi organ otak, dan produksi energi. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin B:

Buah yang Mengandung Vitamin B 

Berikut daftar buah yang mengandung vitamin B yang dapat dikonsumsi:

1. Jeruk limau gedang

Jeruk limau gedang memiliki daging buah berwarna merah dengan rasa yang hampir mirip dengan jeruk Bali di Indonesia. Sebagian besar daging buahnya berupa air, sehingga sering dimanfaatkan sebagai beragam olahan minuman buah. Jeruk limau juga tinggi akan vitamin B2 atau riboflavin yang berfungsi untuk menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh agar tetap stabil.

2. Nanas

Jika Anda mengalami gangguan daya ingat, coba konsumsi nanas secara rutin. Hal ini dikarenakan nanas mengandung vitamin B1 atau Thiamin yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat. Nanas bisa langsung dimakan atau diolah menjadi rujak manis yang lezat dan bergizi.

3. Peach

Peach atau persik memiliki daging buah berwarna kuning dengan aroma yang harum. Buah ini juga memiliki biji tunggal yang keras. Sedangkan, jika dilihat dari luar, peach mirip apel dengan kulit berwarna merah. Selain itu, peach juga mengandung vitamin B3 atau Niasin. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga saraf otak tetap bekerja dengan baik, sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan fokus saat bekerja.

4. Jeruk 

Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin B5 yang melimpah. Vitamin yang juga disebut Asam Pantotenat ini berfungsi untuk memproduksi beragam hormon yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh tetap sehat, konsumsi buah ini secara rutin.

5. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Namun, semangka ternyata kaya akan vitamin B6 atau yang disebut sebagai Piridoksin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan kelancaran peredaran darah dalam tubuh.

6. Pisang

Pisang mengandung vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu, pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

7. Mangga 

Kadar vitamin B dalam setiap 100 gram mangga bisa mencapai 0,25 mg. Kandungan vitamin B dalam mangga dapat merawat mata, menambah energi, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker sejak dini.

8. Blueberry

Dalam setiap 340 gram blueberry, terkandung vitamin B6 sebanyak 5 persen dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, blueberry juga mengandung 0,05 mg vitamin B1, dan 0,01 mg vitamin B2, yang bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah, merawat kulit, memperkuat tulang, hingga meminimalisir risiko penyakit jantung sejak dini.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout