Blog

cara menghaluskan rambut

6 Cara Menghaluskan Rambut yang Efektif

Rambut yang halus dan mudah diatur tidak hanya terlihat menarik, namun juga merupakan salah satu ciri rambut sehat dan terawat. Bagaimana cara menghaluskan rambut yang mudah, cepat, dan tanpa mengeluarkan biaya yang besar?

Rambut yang halus dan mudah diatur memang bisa didapatkan di salon, namun tidak semua orang ingin mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghaluskan rambut yang mudah, cepat, dan terjangkau.

Untuk menghaluskan rambut, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut:

1. Memilih sampo yang tepat

Memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut adalah langkah awal untuk memiliki rambut yang  halus dan mudah diatur. Anda dianjurkan untuk memilih sampo berlabel ‘bebas sulfat’ atau ‘bebas deterjen’, dan memiliki kandungan dimethicone. Kandungan sulfat memang bisa membuang kotoran dan minyak berlebih pada rambut. Namun, zat tersebut juga bisa membuat rambut menjadi rusak dan menyumbat pori.

2. Jangan terlalu sering keramas

Sampo diformulasikan untuk membersihkan kelebihan minyak di kulit kepala. Namun, jika digunakan terlalu sering, sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut menjadi tampak kusam, kering, dan rapuh.

Untuk jenis rambut normal, keramas seminggu dua kali sudah bisa menjaga kebersihan rambut. Jika rambut cenderung berminyak dan lepek, Anda dianjurkan untuk mencuci rambut setiap 1 atau 2 hari. Seberapa sering Anda mencuci rambut juga bisa dilihat dari beberapa faktor. Misalnya, paparan polusi, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi cuaca.

3. Gunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner setelah keramas juga bisa menghaluskan rambut. Usapkan kondisioner ke rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa menit agar menyerap ke dalam batang rambut dan melembutkan tiap helainya. Selain melembutkan rambut, kondisioner juga bisa mengurangi terbentuknya rambut bercabang dan kerusakan rambut akibat cuaca panas atau paparan sinar matahari.

4. Gunakan minyak nabati

Minyak kelapa dan minyak zaitun juga diketahui bermanfaat untuk menghaluskan rambut. Caranya, oleskan minyak tersebut ke rambut secukupnya, kemudian pijat hingga bagian akar rambut. Diamkan semalaman, lalu keramas keesokan paginya. Anda juga bisa langsung keramas setelah mendiamkannya selama 30 menit. Lakukan cara ini seminggu sekali.

5. Batasi penggunaan pewarna, pengering, dan pelurus rambut

Hindari terlalu sering menggunakan alat pengering, pelurus, dan pengeriting rambut. Paparan udara panas dari alat-alat tersebut bisa membuat rambut menjadi kasar, kering, dan kusam. Anda juga perlu membatasi penggunaan pewarna rambut, karena mengandung bahan kimia yang menyebabkan rambut kering dan kasar. Selain itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

6. Konsumsi makanan bergizi

Agar rambut halus dan sehat, perawatan tidak hanya dilakukan dari luar, namun juga dari dalam. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi yang mendukung kesehatan rambut, seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran yang tinggi antioksidan. Nutrisi yang terkandung dalam beberapa makanan tersebut, seperti protein, zinc, asam lemak omega-3, dan vitamin, dapat menyehatkan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan menghasilkan rambut yang sehat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout