6 Buah yang Mengandung Vitamin C: Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Penyakit

buah yang mengandung vitamin c

6 Buah yang Mengandung Vitamin C: Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Penyakit

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Vitamin C perlu dikonsumsi secara teratur untuk mencegah kekurangan vitamin C. Salah satu sumber alami vitamin C adalah buah-buahan. Apa saja buah-buahan yang mengandung vitamin C?

Untuk memenuhi asupan vitamin C harian, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung Vitamin C secara teratur. Buah apa saja yang kaya akan vitamin C? Berikut 6 buah yang direkomendasikan:

Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan tubuh karena berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan seluruh tubuh. Namun, vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah-buahan. Berikut 6 buah yang tinggi vitamin C:

1. Jeruk

Vitamin C pada jeruk memiliki banyak manfaat. Antara lain, menurunkan kadar hormon stres kortisol dan tekanan darah, mencegah peradangan yang dapat memicu masalah jangka panjang, seperti diabetes, radang sendi, kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Selain itu, vitamin C dalam jeruk juga dapat meningkatkan penyerapan dari obat-obatan yang mengandung aluminium, seperti pengikat fosfat, serta meningkatkan kadar estrogen jika Anda sedang menjalani terapi penggantian hormon.

2. Blewah

Buah yang mengandung vitamin C berikutnya adalah blewah. Dengan mengonsumsi blewah, Anda telah memenuhi 100% asupan vitamin C harian, serta antioksidan yang kuat sebagai pelindung sel-sel dari kerusakan. Selain itu, blewah juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya, seperti kalsium, seng, tembaga, zat besi, asam folat, niasin, kolin, fosfor, magnesium, mangan, dan selenium.

3. Mangga

Vitamin C dalam mangga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A dalam mangga juga berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan cara membantu melawan infeksi. Mangga memenuhi hampir tiga perempat kebutuhan vitamin C harian Anda. Manfaat vitamin C dalam mangga adalah membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berperan melawan penyakit dan membantu sel-sel tersebut bekerja lebih efektif dan meningkatkan pertahanan kulit. Mangga juga mengandung asam folat, vitamin E, vitamin K, dan beberapa vitamin B, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain tinggi vitamin C, kiwi juga kaya akan serat yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Antara lain, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kiwi juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin C lainnya. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A dan E yang berperan sebagai antioksidan. Rutin mengonsumsi pepaya dapat membuat kulit lebih kencang dan cerah. Hal ini dikarenakan kandungan AHA dalam pepaya berfungsi untuk membantu menghilangkan penumpukan lapisan sel-sel mati dari kulit dan meremajakan jaringan sel, sehingga membuat lebih tebal dan kencang.

6. Semangka

Dikenal kaya akan air bahkan 92 persen kandungannya adalah air, semangka bisa mencukupi asupan cairan Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi semangka memiliki fungsi yang sama seperti minum air putih, yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti radikal bebas.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout