5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Dipahami

penyebab sariawan

5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Dipahami

Sariawan yang muncul di bibir atau mulut bisa menimbulkan rasa perih dan mengganggu proses makan. Oleh karena itu, penting untuk tahu penyebab sariawan agar bisa terhindar dari penyakit mulut ini.  

Berdasarkan informasi dari situs resmi yankes.kemkes.go.id, sariawan merupakan luka akibat iritasi yang terjadi di gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut. Biasanya sariawan berwarna putih kekuningan dan dikelilingi peradangan di sekitarnya.

Walau biasanya sariawan berukuran kecil, tetapi penyakit mulut ini bisa membuat orang yang menderitanya kesulitan saat mengunyah makanan. Sebab, posisinya yang berada di dalam mulut bisa mengganggu proses mengunyah itu.   

5 Penyebab Sariawan yang Perlu Diwaspadai 

Sariawan bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waspadai dan hindari berbagai penyebab sariawan berikut ini.  

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Hal pertama yang menyebabkan sariawan adalah menyikat gigi terlalu keras. Bulu sikat gigi yang kasar bisa menyebabkan luka di gusi atau rongga mulut, sehingga mengakibatkan sariawan.  

2. Luka Akibat Gigitan

Tidak jarang seseorang tanpa sengaja menggigit bagian dalam mulut, seperti: bibir, lidah, atau bagian dalam pipi. Hal ini bisa mengakibatkan luka yang nantinya berkembang menjadi sariawan.

3. Penggunaan Kawat Gigi

Bagi yang menggunakan kawat gigi atau behel, maka ini bisa jadi salah satu penyebab terjadinya sariawan. Bagian kawat gigi bisa menggesek bagian dalam pipi, sehingga menimbulkan luka yang bisa menjadi sariawan.

4. Kebersihan Mulut yang Tidak Terjaga

Apabila kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik, maka bakteri penyebab infeksi bisa bersarang dalam mulut. Hal ini bisa memicu terjadinya sariawan, terutama saat terdapat luka di dalam mulut. 

5. Kekurangan Vitamin

Faktor lainnya yang bisa mengakibatkan terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin, salah satunya vitamin B12. Tubuh yang kekurangan vitamin akan mudah terinfeksi, salah satunya terkena sariawan. 

6 Cara Mengatasi Sariawan agar Cepat Membaik

Apabila mengalami sariawan, maka tidak perlu khawatir. Umumnya sariawan akan bisa sembuh dengan sendirinya. Walau begitu, dikutip dari situs resmi yankes.kemkes.go.id, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. 

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk mengatasi sekaligus menghindari sariawan. Caranya adalah dengan menyikat gigi secara rutin menggunakan sikat berbulu lembut. 

2. Mengompres Sariawan dengan Es Batu

Untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat sariawan, maka silakan kompres dengan es batu. Caranya adalah dengan mengulum es batu di area yang terkena sariawan. 

3. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kekurangan nutrisi termasuk salah satu penyebab terjadinya sariawan. Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, seperti: vitamin B12, vitamin C, zat besi, dan lain sebagainya.  

4. Menggunakan Obat Kumur

Berkumur dengan obat kumur bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan. Disarankan untuk berkumur dengan obat berbahan alami, seperti: daun sirih, daun saga, dan sebagainya.  

5. Mengonsumsi Obat Sariawan

Jika tidak kunjung membaik, maka ada baiknya untuk mengatasi sariawan dengan mengonsumsi obat khusus sariawan. Biasanya obat ini banyak dijual di apotek dengan bentuk krim, salep, dan sebagainya.  

6. Menghindari Makanan yang Dapat Memicu Sariawan

Jika mengalami sariawan akibat mengonsumsi makanan pedas, asam, dan panas, maka lebih baik hindari makanan pemicu tersebut. Sebab, konsumsi makanan tersebut bisa memperparah luka pada sariawan.

Itu dia penyebab sariawan dan cara mengatasinya yang penting untuk diketahui. Hindari penyebabnya dan terus jaga kesehatan dengan baik.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout