5 Penyebab dan Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

sakit pinggang sebelah kiri

5 Penyebab dan Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri yang muncul dan menyebar hingga ke bagian tubuh lain, seperti pangkal paha, paha bagian belakang, dan bokong. Apa penyebab dan gejala sakit pinggang sebelah kiri?

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan tidak boleh dianggap sepele, karena bisa menjadi gejala adanya suatu penyakit. Berikut penyebab dan gejala sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda waspadai.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Secara umum, sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat. Selain itu, sakit pinggang sebelah kiri juga disebabkan oleh gangguan kesehatan berikut:

1. Otot tegang

Melakukan aktivitas berat yang melibatkan gerakan punggung bisa menyebabkan otot punggung tertarik, sehingga menjadi tegang dan robek. Gejalanya berupa rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa pulih dan membaik setelah penderitanya beristirahat atau menjalani fisioterapi.

2. Skiatika 

Skiatika adalah kondisi yang disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Hal ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau gangguan pada tulang punggung, sehingga menyebabkan saraf terjepit. Gejalanya berupa munculnya kesemutan yang disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan hingga tungkai dan kaki.

3. Stenosis spinal

Stenosis spinal adalah penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang. Tekanan pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal bisa menyebabkan kebas, kram, dan kelemahan pada bagian tubuh yang sarafnya tertekan. Gejala ini akan bertambah parah saat berdiri atau berjalan. 

Penyebab utama stenosis spinal adalah perubahan kondisi tulang akibat penuaan, sehingga bantalan saraf tulang belakang bisa menekan saraf dan akhirnya menyebabkan nyeri.

4. Gangguan pada ginjal

Posisi ginjal secara anatomi berdekatan dengan pinggang. Oleh karena itu, jika terjadi gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, dapat menyebabkan gejala nyeri pada pinggang. Gangguan ginjal biasanya akan menimbulkan nyeri di antara tulang rusuk bagian bawah dan panggul.

5. Cedera fisik

Patah tulang panggul atau kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang kiri juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Gangguan ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera. Pada wanita, beberapa kondisi yang dapat memengaruhi munculnya sakit pinggang sebelah kiri adalah endometriosis, kista ovarium, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Selain rasa nyeri, sakit pinggang sebelah kiri juga bisa ditandai dengan beberapa gejala penyerta berikut:

  • Rasa sakit yang semakin parah saat bergerak.
  • Kesulitan saat membungkuk dan bersandar.
  • Kesemutan atau mati rasa di bagian bokong atau kaki.
  • Kram pada otot-otot di sekitar tulang belakang, sehingga memicu munculnya rasa kaku pada pinggang.
  • Rasa nyeri yang menjalar hingga tungkai dan bisa menyebabkan keluhan, seperti sulit berjalan. 

Jika Anda mengalami sakit pinggang sebelah kiri yang tidak kunjung membaik atau disertai gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang Anda alami.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout