5 Penyebab Bintik Putih di Bibir dan Cara Mengatasinya

bintik putih di bibir

5 Penyebab Bintik Putih di Bibir dan Cara Mengatasinya

Adanya bintik putih di bibir terkadang sering menjadi permasalahan yang bisa mengganggu penampilan. Keadaan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti: alergi, infeksi, atau bahkan gangguan kesehatan internal. Walaupun secara umum tidak berbahaya, tetapi bintik putih ini dapat menyebabkan rasa khawatir dan ketidaknyamanan. 

Dalam buku Senyum Menawan dengan Perawatan Bibir, Kurnia Puspita, (2024:1), disebutkan bahwa bibir adalah salah satu bagian wajah yang paling menonjol dan memiliki peran penting dalam ekspresi wajah seseorang. Maka dari itu, penting untuk menjaga tampilan bibir dan menghindari munculnya bintik putih. 

Penyebab Bintik Putih di Bibir dan Cara Mengatasinya 

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi bintik putih di bibir dapat membantu dalam meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri. Dengan begitu, masalah penampilan secara umum dapat teratasi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.  

1. Infeksi Jamur Mulut

Salah satu hal yang menjadi penyebab adanya bintik putih pada bibir adalah infeksi jamur mulut. Keadaan yang dikenal juga dengan istilah kandidiasis ini umumnya terjadi saat keseimbangan bakteri yang ada di dalam mulut terganggu. 

Untuk mengatasi kondisi yang satu ini, dibutuhkan obat antijamur yang diresepkan oleh dokter supaya infeksi itu mudah untuk diatasi dan tidak sempat menyebar ke area yang lain. 

2. Milia

Milia adalah bintik putih dengan ukuran yang cukup kecil dan cukup sering ditemukan di kulit atau bibir. Milia ini bisa terbentuk saat sel kulit mati terjebak di pori-pori, sehingga menimbulkan benjolan yang tampak seperti jerawat. 

Pada umumnya milia tidak membutuhkan perawatan khusus dan akan menghilang sendiri. Namun, perawatan dermatologi atau pemakaian krim eksfoliasi mampu membantu menghilangkan milia dengan lebih cepat.

3. Alergi Kosmetik atau Makanan

Bintik putih pada bibir juga dapat timbul akibat alergi terhadap konsumsi makanan tertentu atau pemakaian produk kosmetik tertentu. Bintik ini umumnya timbul karena tubuh mengeluarkan reaksi terhadap zat-zat yang dianggap berbahaya.  

Apabila bintik putih muncul sesudah pemakaian produk kosmetik atau konsumsi makanan tertentu, segera identifikasi dan hindari penyebab itu guna mencegah reaksi yang berulang. Antihistamin mungkin dibutuhkan untuk meminimalkan gejala dari alergi ini. 

4. Infeksi Herpes Simplex

Infeksi virus Herpes simplex biasanya menimbulkan bintik berwarna putih di bibir yang disertai rasa gatal dan nyeri. Virus ini bisa aktif saat daya tahan tubuh sedang lemah, misalnya saat sedang sakit atau stres berat.  

Pengobatannya memerlukan antivirus yang telah diresepkan dokter agar mempercepat penyembuhan, mengurangi gejala, dan menghambat penyebaran virus. Hindari juga kontak langsung dengan luka guna mencegah terjadinya penularan terhadap orang lain.

5. Kekurangan Nutrisi

Hal lain yang bisa menimbulkan bintik putih pada bibir adalah kekurangan nutrisi, khususnya vitamin B12 atau mineral. Keadaan ini dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit.  

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang seimbang. Konsumsi sayuran, sumber protein, dan buah-buahan harus dilakukan demi mencukupi kebutuhan asupan serta menjaga kesehatan bibir supaya bisa terhindar dari gangguan berupa bintik putih yang mengganggu. 

Bintik putih di bibir dapat diatasi dengan tepat setelah mengetahui penyebabnya. Lakukan perawatan yang sesuai agar bintik itu hilang dan kepercayaan diri pun meningkat. Jika setelah melakukan cara-cara di atas, bintik itu tidak kunjung hilang, maka segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout